Bisnis dan Keuangan Sygma Daya Insani

2 Faktor yang Bikin Pengunjung Puas dan Betah di Website Kita

2 Faktor yang Bikin Pengunjung Puas dan Betah di Website Kita

Oleh Tri Arinanti | Minggu, 18 Maret 2018 19:53 WIB | 57293 Views

Alhamdulillah perkulihan di School of Master Landing Page pekan ini diisi dengan bahasan SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization. Bahasan kali ini benar-benar memusingkan penulis sebagai seorang yang awam akan ilmu online marketing. Tetapi penulis berusaha memamahami dan membagi ilmu yang penulis dapat sesuai dengan niatan penulis diawal mengikuti perkulihan ini.

Bismillahirohmanirrohim

Alhamdulillah perkulihan di School of Master Landing Page pekan ini diisi dengan bahasan SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization. Bahasan kali ini benar-benar memusingkan penulis sebagai seorang yang awam akan ilmu online marketing. Tetapi penulis berusaha memamahami dan membagi ilmu yang penulis dapat sesuai dengan niatan penulis diawal mengikuti perkulihan ini.


Dikutip dari Backlinko, Brian Dean1) menjelaskan bahwa rata-rata lamanya pengunjung menghabiskan waktu pada sebuah website sangat berhubungan erat dengan peringkat di hasil pencarian Google. Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu pada sebuah website tersebut maka semakin bagus pula rangkingnya di hasil pencari google.

Hal ini mengindikasikan bahwa lamanya waktu yang dihabiskan orang di suatu situs menunjukkan kepuasan mereka mengenai website tersebut. Tidak hanya itu penyajian konten yang relevan dan berkualitas dari suatu website juga menjadi indikasi kepuasan pembaca untuk website tersebut.

  1. Penyajian Konten Yang Relevan dan Berkualitas

Penyajian konten ini termasuk dalam usaha pengoptimalan halaman website. Banyak sekali komponen-komponen SEO yang diperhatikan dalam hal mengoptimalkan halaman website, salah satunya memperhatikan kualitas konten yang terbaik.

Konten berkualitas adalah konten yang mengandung informasi yang bermanfaat dan detail saat membahas sebuah tema dalam konten tersebut. Sebuah konten berkualitas bisa menyenangkan pengunjung, juga menyenangkan Google. Apa yang Sahabat Sygma tulis, jika memang berkualitas, dari berbagai sisi seperti tema yang dibahas, kekayaan isi, style yang digunakan di dalam artikel (H3, H4, gambar, keterangan gambar, dll), tentu akan memanjakan pembaca yang bisa mencerna informasi yang disampaikan. Jadi, tidak ada ruginya sama sekali Sahabat Sygma membuat konten yang panjang, penuh isi, repot-repot cantumkan gambar serta mengisinya dengan Title dan ALT. Ciri-ciri konten yang berkualitas adalah :

  • Konten tersebut memberikan manfaat maksimal bagi pengunjung
  • Konten tersebut lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis.
  • Konten tersebut disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  • Konten tersebut membangkitkan perasaan (entah itu kagum, terhibur, bahagia dll)
  • Konten tersebut menyelesaikan permasalahan pengunjung.

Memulai untuk menulis saja sudah tantangan. Apalagi dituntut untuk menulis konten berkualitas yang bisa dibilang tidak simple. Untuk dapat tetap mendapatkan perhatian minat dan mempertahankan pembaca website Sahabat Sygma maka harus membuat artikel tersebut semudah mungkin untuk dapat dipahami. Dengan berpikir membuat alur, merancang peletakan gambar, dll. Menguras waktu memang, tapi hasilnya sangat bagus.

      2. Lamanya Waktu yang Dihabiskan pada Website.

Pastikan bahwa halaman website mudah di akses.

Terkadang Sahabat Sygma  menemukan sebuah situs yang sangat lambat untuk di buka atau diakses. Seringkali Sahabat Sygma mengira bahwa jaringan internet yang Sahabat Sygma gunakan sudah melambat. Nyatanya memang situs yang Sahabat Sygma buka, lambat untuk memuat kontennya.

Jika Sahabat Sygma tidak menginginkan hal yang sama terjadi pada website Sahabat Sygma, maka Sahabat Sygma harus mengupayakan agar situs yang Sahabat Sygma buat cepat dalam memuat konten dan mudah untuk diakses.  Dijaman yang serba cepat ini, orang sudah sangat menginginkan informasi yang cepat dan mudah untuk diakses. Itulah sebabnya provider internet berlomba lomba untuk menghadirkan kecepatan internet yang berlipat ganda untuk pelanggannya.  Sahabat Sygma pun harus berpikiran sama jika ingin pembaca menghargai situs buatan Sahabat Sygma. Halaman web yang ringan dan mudah dimuat akan membuat pembaca Sahabat Sygma singgah lebih lama.

Selain itu, halaman yang cepat dimuat lebih disukai oleh search engine seperti google. Alasannya, Search engine tentu saja ingin memberikan sesuatu (halaman situs) yang bernilai pada pembaca.  Keuntungan lain memiliki halaman yang ringan adalah peringkat situs Sabahat Sygma akan sedikit lebih tinggi di mata search engine.  Ada beberapa alasan mengapa situs lambat untuk dimuat :

  • Broken link, atau link situs yang tidak dapat diakses dari situs Sahabat Sygma akan memperlambat halaman web Sahabat Sygma untuk dimuat. Memperbaiki link –link yang rusak pada situs akan sangat membantu membuat halaman situs lebih cepat diakses.
  • Gambar dan jumlah file yang tidak dioptimasi, gambar dengan ukuran yang sangat besar tentunya akan menyita waktu untuk memuatnya. Untuk itu Sahabat Sygma perlu mengkonfersi gambar keukuran yang lebih kecil dan kompatibel tetapi tetap jaga kualitas gambar tersebut.
  • Gunakan hosting yang berkualitas untuk menunjang kecepatan website Sahabat Sygma.

Perhatikan pula design website Sahabat Sygma cukup menarik. Atur sedemikian rupa agar memudahkan pengunjung untuk dapat dengan mudah membuka dan menjelajah di situs Sahabat Sygma.

 

Semoga sedikit ringkasan penulis mengenai SEO ini bisa bermanfaat bagi Sahabat Sygma.

Amal yang paling utama adalah berilmu mengenai Allah, sesungguhnya ilmu itu mendatangkan manfaat bagimu (bila engkau) bersamanya sedikit maupun banyak amal. Dan sesungguhnya bodoh itu tidaklah mendatangkan manfaat bagimu  (bila engkau) bersamanya, sedikit maupun banyak amal itu.”

(Hadis diriwayatkan oleh al-Hakim, at Turmuzi dalam Nawaadir dan ibnu Abdil Bar)2)

Menjadi orang yang bermanfaat seperti rasul kita Muhammad Saw yang dipaprkan lebih mendalam dalam produk http://tamanbaca.sdi.id/product/read/82/paket-muhammad-teladanku-mute.html

 

Catatan Kaki:

  1. Merujuk Backlinko.com, Brian Dean adalah pendiri Backlinko.com, yang juga dikenal secara internasional sebagai ahli SEO.
  2. Dikutip dari laman http://msibki3.blogspot.co.id/2013/04/hadis-hadis-tentang-ilmu.html

Referensi pendukung:

  1. http://panduanim.com/artikel-seo/
  2. http://idsysadmin.com/bagaimana-membuat-pengunjung-betah.html

Produk Pilihan

Paket 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama.

Detail