Inspirasi Sygma Daya Insani

Jangan Diremehkan, Pemakai Psikotoprika Dapat Menyebabkan Kematian. Apa Itu Psikotoprika?

Jangan Diremehkan, Pemakai Psikotoprika Dapat Menyebabkan Kematian. Apa Itu Psikotoprika?

Oleh administrator | Kamis, 03 Agustus 2017 09:52 WIB | 54955 Views

Pergaulan bebas dapat berefek negatif. Salah satu efek negative dari pergaulan bebas yang akan di bahas adalah psikotoprika. Apa itu psikotoprika? Psikotropika adalah suatu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Pergaulan bebas dapat berefek negatif.  Salah satu efek negative dari pergaulan bebas yang akan di bahas adalah psikotoprika. Apa itu psikotoprika? Psikotropika adalah suatu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

 
Psikotorika ini berasal dari Ghuang Zhou, Cina . Zat atau obat psikotropika ini dapat menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, disertai dengan timbulnya halusinasi (mengkhayal), ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan alam perasaan dan dapat menyebabkan ketergantungan serta mempunyai efek stimulasi (merangsang) bagi para pemakainya.

 
Pemakaian Psikotropika yang berlangsung lama tanpa pengawasan dan pembatasan pejabat kesehatan dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk, tidak saja menyebabkan ketergantungan bahkan juga menimbulkan berbagai macam penyakit serta kelainan fisik maupun psikis si pemakai, tidak jarang bahkan menimbulkan kematian.

 
Psikotoprika ada beberapa golongan, yaitu.
Psikotropika golongan I : yaitu psikotropika yang tidak digunakan untuk tujuan pengobatan dengan potensi ketergantungan yang sangat kuat
Psikotropika golongan II : yaitu psikotropika yang berkhasiat terapi tetapi dapat menimbulkan ketergantungan.
Psikotropika golongan III : yaitu psikotropika dengan efek ketergantungannya sedang dari kelompok hipnotik sedatif.
Psikotropika golongan IV : yaitu psikotropika yang efek ketergantungannya ringan.

Berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang pemberantasan peredaran narkotika dan psikotropika, tahun 1988 tersebut maka psikotropika dapat digolongkan sebagai berikut : (didahului dengan nama International dan nama kimia diletakkan dalam tanda kurung)

Jadi hati hati ya Ayah Bunda. Jangan makan sembarang makanan, bisa jadi makanan tersebut mengandung psikotoprika atau narkoba lainnya. Ayo lindungi bangsa kita dari bahaya narkoba.

sumber: wikipedia

Inspirasi Lainnya
Produk Pilihan

Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM).

Detail
Rekomondasi Blog