Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Ternyata Pramuka Lahir Dari Pemikiran Inggris

Ternyata Pramuka Lahir Dari Pemikiran Inggris


Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia. Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional.
 
Dikutip detikcom dari laman resmi Pramuka, sebelum menggema di Indonesia, pramuka telah berkembang terlebih dahulu di Inggris lewat pembinaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
 
Powell diketahui memiliki banyak pengalaman yang berpengaruh pada kegiatan di dalam Pramuka seperti pengalaman mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika, keterampulan berlayar, berenang, berkemah dan masih banyak lainnya. Pengalaman itu ditulis Powell dalam sebuah buku berjudul 'Aids to Scouting'.
 
Buku itu yang menjadi panduan bagi tentara muda Inggris untuk melakukan tugasnya. Kemudian pimpinan Boys Brigade di Inggris meminta Powell untuk melatih anggotanya berdasarkan pengalamannya.
 
Pada 1908, Powell kembali menulis buku yang berisi pengalamannya tentang latihan kepramukaan. Buku ini berjudul 'Scouting for Boy' dan kemudian menyebar dengan cepat di Inggris dan negara lain, termasuk Indonesia.
 
Pelopor gerakan kepanduan di Indonesia diawali dengan berdirinya Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) yang kemudian berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders. Pada 1916, S.P Mangkunegara VII membuat organisasi kepanduan sendiri di tanah air, tanpa campur tangan dari Belanda.
 
Organisasi itu diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO) dan merupakan organisasi kepanduan yang pertama di tanah nusantara. Lahirnya JPO menjadi penyemangat berdirinya organisasi kepanduan lain di Indonesia pada saat itu.
 
Pada masa penjajahan Jepang, organisasi kepanduan dan partai dilarang untuk beraktivitas. Barulah pada September 1945 sejumlah tokoh dari gerakan kepanduan Indonesia berkumpul untuk melakukan pertemuan di Yogyakarta. Dari hasil kongres pada 27-29 September 1945 terbentuk Pandu Rakyat Indonesia.
 
Kehadiran Gerakan Pramuka di Indonesia mendapat tempat penting di Indonesia bertolak pada ketetapan MPRS No. II/ MPRS/ 1960. Presiden Sukarno memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana merdeka pada 9 Maret 1961. Amanat itu untuk lebih mengefektifkan kepanduan sebagai komponen penting dalam pembangunan bangsa.
 
Lambang Pramuka berupa Tunas Kelapa yang kita ketahui saat ini disahkan dalam Keppres Nomor 238 Tahun 1961. Kemudian pada 14 Agustus 1961, secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 Tahun 1961.
Sumber: news.detik.com
 








Inspirasi Lainnya
Besok Hari Veteran Nasional. Apa Itu Hari Veteran Nasional?
Besok Hari Veteran Nasional. Apa Itu Hari Veteran Nasional?

Bulan Agustus terkenal dengan hari kemerdekaan Indonesia. Tapi tahukah Ayah Bunda kalau tanggal 10 Agustus adalah hari Veteran Nasional? Veteran adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Jangan Diremehkan, Pemakai Psikotoprika Dapat Menyebabkan Kematian. Apa Itu Psikotoprika?
Jangan Diremehkan, Pemakai Psikotoprika Dapat Menyebabkan Kematian. Apa Itu Psikotoprika?

Pergaulan bebas dapat berefek negatif. Salah satu efek negative dari pergaulan bebas yang akan di bahas adalah psikotoprika. Apa itu psikotoprika? Psikotropika adalah suatu zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.
Ini 5 Rudal Milik TNI AU Yang Buat Negara Lain Sungkan Masuk Perbatasan
Ini 5 Rudal Milik TNI AU Yang Buat Negara Lain Sungkan Masuk Perbatasan

Ayah Bunda tangga 29 July merupakan hari Bhakti TNI AU. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (atau biasa disingkat TNI Angkatan Udara atau TNI-AU) adalah salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di udara.
Tips Agar Membaca Sirah Lebih Menyenangkan Untuk Anak
Tips Agar Membaca Sirah Lebih Menyenangkan Untuk Anak

Membaca sirah nabawi merupakan aktifitas yang menyenangkan, bagi saya seorang ibu yang baru saja bergabung menjadi sahabat sygma, saya sudah mengincar buku ini sejak beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah, akhirnya berkesempatan untuk mengenalkan Rosulullah SAW, junjungan kita yang mulia ke anak-anak lewat buku Muhammad Teladanku
Produk Pilihan
Muhammad Teladanku & 24NR
Rp 6.575.000
Rp 4.931.250

Rekomendasi Blog
Renungan Malam: "Bolak Balik"
Sabtu, 15 Oktober 2016 12:27 WIB

Orangtua dari balita ... maafkan kami ya, Nak. Kami terpaksa menyerahkan dan membesarkanmu hanya dengan pembantu di rumah saat kamu masih balita. Kami kan sibuk bekerja.