Inspirasi Sygma Daya Insani

Sifat yang disukai Rosulullah

Sifat yang disukai Rosulullah

Selasa, 17 April 2018 15:28 WIB | 4676 Views

Rosulullah menyukai orang yang bekerja keras untuk menafkahi keluarganya.

Diriwayatkan Saat mendekati kota Madinah, di salah satu sudut jalan, Rasulullah berjumpa dengan seorang tukang batu. Ketika itu Rasulullah melihat tangan buruh tukang batu tersebut  sangat kasar. 

Kemudia Rosulullah bertanya , "Kenapa tanganmu kasar sekali?"

Si tukang batu menjawab, "Ya Rasulullah, pekerjaan saya ini membelah batu setiap hari, dan belahan batu itu saya jual ke pasar, lalu hasilnya saya gunakan untuk memberi nafkah keluarga saya, karena itulah tangan saya kasar."

Rasulullah adalah manusia paling mulia, tetapi orang yang paling mulia tersebut begitu melihat tangan si tukang batu yang kasar karena mencari nafkah yang halal, Rasul pun menggenggam tangan itu, dan menciumnya seraya bersabda,

Hadits Rosulullah SAW : 

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَإِنَّ نَبِيَّ اللهِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ

“Tidak ada seseorang yang memakan satu makanan pun yang lebih baik dari makanan hasil usaha tangannya (bekerja) sendiri. Dan sesungguhnya Nabi Allah Daud as. memakan makanan dari hasil usahanya sendiri.” (HR. Bukhari).

Subhanallah.... betapa mulia akhlak Rosulullah, dalam menghargai dan membahgiakan umat beliau serta memberikan motivasi kepada kita untuk berikhtiyar, bahwa kita seharusnya bersemangat dalam bekerja keras untuk memberikan nafkah yang halal bagi keluarga kita.

Allahumma Sholli "alaa sayyidina Muhammad...

Produk Pilihan

Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM).

Detail
Rekomondasi Blog