Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
karma atau pembalasan

karma atau pembalasan

suatu hari tanpa sengaja saya mendengar percakapan seorang wanita berjilbab dengan wanita lainnya di sebuah cafe yang cukup sering saya kunjungi ,mereka berdua terlihat serius berbicara satu sama lain,saya mendengar suara agak terisak cukup terdengar di telinga saya karena tempat duduk kami berdekatan persis di belakang saya.
dari arah pembicaraan mereka, saya bisa menduga,siapa orang yang menjadi trending topik.
setelah menangis dengan terbata-bata wanita itu berucap 'karma akan berlaku padanya....tuhan akan membalaskan dendam dan sakit hati saya.
seketika saya diam dan berujar 'Astaghfirullah.

Dalam agama yang saya anut,islam tentu saja tidak di kenal istilah karma,kata-kata ini di kenal di masyarakat kita yang meyakini bahwa setiap tindakan atau perbuatan di masa lalu yang di lakukan oleh seseorang yang akan menentukan nasibnya saat ini,jadi segala perilaku atau tindakan baik maupun buruk akan membentuk karma seseorang di kehidupan berikutnya. (sumber : Wikipedia),pengertian ini juga di pahami oleh agama lain yaitu hindu budha,dalam ajarannya,mereka meyakini bahwa kehidupan seorang manusia sekarang adalah akibat dari kehidupan sebelumnya dan akan berdampak pada kehidupan masa datang.tapi saya tidak akan membahas tentang ajaran agama lain,kita akan membahas apa sih itu karma yang mereka sebut sebut.

lalu bagaimana islam memandang sebuah kata 'Karma yang biasa di gunakan oleh masyarakat kita??

Dalam islam kita mengenal adanya perbuatan sebab akibat bahwa apabila kita melakukan perbuatan baik maka kita akan mendapatkan kebaikan pula begitu juga sebaliknya,

pengertian ini hampir mirip dengan karma bahwa akibat dari perbuatan manusia terkadang akan di rasakan di dunia saat kita masih hidup.

Dalam QS.Ar.Rum 30 : 41 Allah berfirman yang artinya : telah nampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan karena perbuatan tangan manusia,supaya mereka mersakan sebagian dari akibat perbuatan mereka,agar mereka kembali ke jalan yang benar.

Dalam QS.As.sajadah 32 : 21 Allah berfirman yang artinya : Dan sesungguhnya kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang di dekat di dunia sebelum azab yang lebih besar di akhirat,mudah-mudahan mereka kembali kejalan yang benar.

Oleh karena itu,dalam islam bisa saja orang yang jahat memiliki kehidupan yang tenang di dunia bersama keluarganya,karena bisa saja hukumannya tidak di berikan di dunia tapi jelas akan mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya di akhirat.

Dalam QS.An-Nahl 16 : 61 allah berfirman yang artinya : jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya,niscaya tidak akan di tinggalkan-NYA,dimuka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata,tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan.maka apabila telah tiba waktunya (yang di tentukan) bagi mereka,tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak pula mendahulukannya.

Demikian kita sebagai hamba yang beriman meyakininya karena sungguh tidak ada sesuatu yang lepas dari hukuman akibat dari perbuatan kita,melihat ini saya kembali menyadari bahwa perbuatan apapun yang telah oranglain lakukan dan kita tidak redho atas perbuatan itu,kita seharusnya tetap bersikap sabar dan mendoakan kebaikan.

Karena penasaran saya berdiri melihat kedua wanita tersebut,dengan mata nanar,seketika ltu juga saya lemas.....ternyata salah satu wanita itu adalah diri saya.

Flashback/renungan/muhasabah

 

 

 

 









Inspirasi Lainnya
5 Tahapan Terapi Untuk Pecandu Rokok yang Mudah dan Murah
5 Tahapan Terapi Untuk Pecandu Rokok yang Mudah dan Murah

Hal utama yang menentukan apakah rokok bisa di tinggalkan atau tidak adalah keinginan, keputusan dan kehendak perokok itu sendiri. Merokok adalah kebiasaan yang bisa ditinggalkan. Menurut definisi WHO ketergantungan merokok adalah salah satu penyakit biasa yang bisa ditangani oleh dokter. Sebagai hasil dari program-program pencegahan dan penyuluhan anti-rokok didapati bahwa di Amerika terdapat 36 juta orang, di Perancis 8 juta orang dan di Swiss 1 juta orang yang mampu meninggalkan kebiasaan merokok mereka. Di saat angka keberhasilan meninggalkan rokok tanpa bantuan apapun hanya kurang dari 10% , maka justru ditunjukkan adanya peningkatan persentasi bagi para perokok yang mendapatkan dukungan dan bantuan saat berusaha meninggalkan rokoknya, selain itu mereka juga memiliki tingkat kehidupan yang jauh lebih sehat setelah meninggalkan rokoknya.
Phubbing Budaya Baru Efek Teknologi
Phubbing Budaya Baru Efek Teknologi

Phubbing adalah istilah sibuk main hp dan mengabaikan orang di hadapan kita,itulah yang terjadi,pola anti social.stop phubbing kalau kita sedang berhadapan atau sedang dalam pertemuan. Ini kita baru dan sedang di adakan campaig anti phubbing.
Cita-Cita Akibat Senang Membaca
Cita-Cita Akibat Senang Membaca

Cita-citanya sudah mulai diungkapkan ketika SD, menjadi ahli IT.
Jemputlah hidayah sebelum dia pergi..
Jemputlah hidayah sebelum dia pergi..

Jika hidayah datang, segeralah jemput, sebelum iya pergi
Produk Pilihan
Paket Buku Pintar Iman & Islam (B
Rp 3.350.000
Rp 1.945.680

Rekomendasi Blog
Tips Menghadapi Si Tukang Bully
Jum'at, 23 Februari 2018 11:16 WIB

Siapa bilang masa sekolah selalu masa yang menyenangkan. Bagi para korban Bullying, masa sekolah adalah masa penuh kenangan buruk bahkan kadang menimbulkan bekas trauma pada diri mereka. Terutama pada anak-anak.