Inspirasi Sygma Daya Insani

karma atau pembalasan

karma atau pembalasan

Oleh RAHMI (SLC) | Senin, 03 Desember 2018 11:19 WIB | 2338 Views

suatu hari tanpa sengaja saya mendengar percakapan seorang wanita dengan wanita lainnya di sebuah cafe yang cukup sering saya kunjungi ,mereka berdua terlihat serius berbicara satu sama lain,saya mendengar suara agak terisak cukup terdengar di telinga saya karena tempat duduk mereka berdekatan persis di belakang saya. dari arah pembicaraan mereka, saya bisa menduga,siapa orang yang menjadi trending topik. setelah menangis dengan terbata-bata wanita itu berucap 'karma akan berlaku padanya....tuhan akan membalaskan dendam dan sakit hati saya. seketika saya diam dan berujar 'Astaghfirullah

suatu hari tanpa sengaja saya mendengar percakapan seorang wanita berjilbab dengan wanita lainnya di sebuah cafe yang cukup sering saya kunjungi ,mereka berdua terlihat serius berbicara satu sama lain,saya mendengar suara agak terisak cukup terdengar di telinga saya karena tempat duduk kami berdekatan persis di belakang saya.
dari arah pembicaraan mereka, saya bisa menduga,siapa orang yang menjadi trending topik.
setelah menangis dengan terbata-bata wanita itu berucap 'karma akan berlaku padanya....tuhan akan membalaskan dendam dan sakit hati saya.
seketika saya diam dan berujar 'Astaghfirullah.

Dalam agama yang saya anut,islam tentu saja tidak di kenal istilah karma,kata-kata ini di kenal di masyarakat kita yang meyakini bahwa setiap tindakan atau perbuatan di masa lalu yang di lakukan oleh seseorang yang akan menentukan nasibnya saat ini,jadi segala perilaku atau tindakan baik maupun buruk akan membentuk karma seseorang di kehidupan berikutnya. (sumber : Wikipedia),pengertian ini juga di pahami oleh agama lain yaitu hindu budha,dalam ajarannya,mereka meyakini bahwa kehidupan seorang manusia sekarang adalah akibat dari kehidupan sebelumnya dan akan berdampak pada kehidupan masa datang.tapi saya tidak akan membahas tentang ajaran agama lain,kita akan membahas apa sih itu karma yang mereka sebut sebut.

lalu bagaimana islam memandang sebuah kata 'Karma yang biasa di gunakan oleh masyarakat kita??

Dalam islam kita mengenal adanya perbuatan sebab akibat bahwa apabila kita melakukan perbuatan baik maka kita akan mendapatkan kebaikan pula begitu juga sebaliknya,

pengertian ini hampir mirip dengan karma bahwa akibat dari perbuatan manusia terkadang akan di rasakan di dunia saat kita masih hidup.

Dalam QS.Ar.Rum 30 : 41 Allah berfirman yang artinya : telah nampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan karena perbuatan tangan manusia,supaya mereka mersakan sebagian dari akibat perbuatan mereka,agar mereka kembali ke jalan yang benar.

Dalam QS.As.sajadah 32 : 21 Allah berfirman yang artinya : Dan sesungguhnya kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang di dekat di dunia sebelum azab yang lebih besar di akhirat,mudah-mudahan mereka kembali kejalan yang benar.

Oleh karena itu,dalam islam bisa saja orang yang jahat memiliki kehidupan yang tenang di dunia bersama keluarganya,karena bisa saja hukumannya tidak di berikan di dunia tapi jelas akan mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya di akhirat.

Dalam QS.An-Nahl 16 : 61 allah berfirman yang artinya : jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya,niscaya tidak akan di tinggalkan-NYA,dimuka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata,tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan.maka apabila telah tiba waktunya (yang di tentukan) bagi mereka,tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak pula mendahulukannya.

Demikian kita sebagai hamba yang beriman meyakininya karena sungguh tidak ada sesuatu yang lepas dari hukuman akibat dari perbuatan kita,melihat ini saya kembali menyadari bahwa perbuatan apapun yang telah oranglain lakukan dan kita tidak redho atas perbuatan itu,kita seharusnya tetap bersikap sabar dan mendoakan kebaikan.

Karena penasaran saya berdiri melihat kedua wanita tersebut,dengan mata nanar,seketika ltu juga saya lemas.....ternyata salah satu wanita itu adalah diri saya.

Flashback/renungan/muhasabah

 

 

 

 

Comments
Produk Pilihan

Paket Buku Pintar Iman & Islam (B.

Detail
Rekomondasi Blog