Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Belajar dari Keyakinan dan Kegigihan Abdul Muthalib

Belajar dari Keyakinan dan Kegigihan Abdul Muthalib

Abdul Muthalib adalah pengurus air dan makanan bagi tamu-tamu yang datang ke Mekah. Setelah ratusan tahun Sumur Zamzam tertimbun, air harus didatangkan dari beberapa sumur yang terpencar-pencar di sekitar Mekah. Saat itu, Sumur Zamzam telah terkubur dan dilupakan orang selama ratusan tahun. Namun, Abdul Muthalib tidak pernah lupa pada sejarah Mekah, bahwa dulu pernah ada mata air yang menghidupi Mekah, mata air yang memancar keluar oleh kaki Ismail. "Aku harus menemukannya!" pikir Abdul Muthalib. "Aku harus menemukan kembali Sumur Zamzam yang telah dilupakan orang! Apalagi aku bertugas menyediakan air dan makanan bagi penduduk Mekah." Pikiran seperti itu tidak pernah hilang dari benaknya, "Aku harus menemukannya! Aku harus menemukannya!" Setelah itu, Abdul Muthalib mengambil tembilang (alat untuk menggali bertangkai panjang) dan memanggil putra satu-satunya, "Harits, temani ayah mencari dan menggali kembali Sumur Zamzam!" Harits mengangguk. Kemudian, mereka mulai mencari di mana dulu letak Mata Air Zamzam berada. Setelah beberapa kali mencoba menggali di beberapa tempat, Sumur Zamzam tidak juga ditemukan. "Ayah, mungkin Sumur Zamzam memang telah hilang," kata Harits. "Tidak Nak, Ayah yakin Sumur itu masih ada! Kita harus menemukannya! Orang-orang Mekah akan hidup lebih baik jika Sumur Zamzam ada di tengah kita!" Dengan gigih keduanya pun terus mencari sumur Zam-Zam. Orang-orang Quraisy, penduduk asli Mekah, melihat perbuatan mereka dengan heran. "Mengapa engkau masih terus menggali, Abdul Muthalib? Bukankah dulu nenek moyang kita, Mudzaz bin Amr pernah menggalinya, tapi tidak berhasil?" Abdul Muthalib menaruh tembilangnya dan duduk. Ya, ratusan tahun yang lalu Mudzaz bin Amr mertua Nabi Ismail عليه ااسلام pernah mencoba menggali Zamzam tapi tidak berhasil. Padahal, saat itu Mudzaz telah mempersembahkan sesaji berupa pedang dan pelana berpangkal emas agar Sumur Zamzam ditemukan. Hikmah yang dapat kita pelajari dari kisah ini diantaranya bahwa tidak ada sesuatupun yang Mustahil bagi Allah yang Maha Kuasa. Setiap kita berusaha, landasi dengan keikhlasan, keyakinan pa da taqdir Allah, dan sikap pantang menyerah. Jika kita ikhlas dan yakin maka kita akan merasa optimis dan semangat dalam memperjuangkan apa yang kita cita-citakan. Inilah taqdir Allah sebagai jawaban atas keyakinan dan kegigihan Abdul Muthalib. Niat tulus untuk membantu sesama diiringi keyakinan yang kuat, dan kegigihan yang teguh, pantang menyerah sebelum berhasil dan fokus pada tujuan, bukan komentar orang. -spl- Referensi: Muhammad Teladanku jilid 1








Inspirasi Lainnya
KAMU CANTIK DENGAN MENGGUNAKAN JILBAB
KAMU CANTIK DENGAN MENGGUNAKAN JILBAB

Kak kenapa sii wanita harus pake jilbab? Kan kita mau ngasih tau kalau kita punya bentuk wajah yang bagus,punya leher yang bagus,punya rambut yang bagus, terus kadang suka ga PD kalau lagi hangout sama temen kalau pakai jilbab,padahal kita kan masih ingin bergaya dengan rambut kita?. Muslimah, kita udah tau kan kalau berjilbab itu wajib,dan Allah memerintah kita dengan menggunakan jilbab karena untuk kebaikan kita, terserah kamu deh mau main dan bergaul sama siapa aja,kalau komitmen kamu sama Allah udah kuat pasti kita gaakan lepas jilbab itu dari kepala kita.
Kembalikan kejayaan Islam
Kembalikan kejayaan Islam

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar "Wahai seluruh prajuritku ! Benteng Konstantinopel telah tampak di hadapan kita. Rasulullah ﷺ telah bersabda : لَتُفْتَحَنَّ الْقُسْطَنْطِينِيَّةُ فَلَنِعْمَ الأَمِيرُ أَمِيرُهَا وَلَنِعْمَ الْجَيْشُ ذَلِكَ الْجَيْشُ Sungguh Kostantinopel akan ditaklukkan, maka sebaik² amir adalah amirnya dan sebaik² pasukan adalah pasukan tersebut.
Buku, Bekal Peradaban
Buku, Bekal Peradaban

Membeli buku ibarat membeli peradaban. Membaca/membacakan buku akan memengaruhi pola pikir seseorang 20 tahun ke depan. Karenanya, pilihlah buku yang benar-benar bagus demi membangun peradaban yang baik.
SABAR
SABAR

Musibah Kata yang lekat dengan bencana dan duka, kehilangan dan keterpurukan.
Produk Pilihan
Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST
Rp 2.495.000
Rp 1.846.000

Rekomendasi Blog
Ini 3 Alasan Kenapa Kita Harus Berdoa Agar Terlindung Dari Kematian
Kamis, 18 Mei 2017 10:24 WIB

Betapa bahagianya menjadi umat Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi wasallam. Setiap tuntunan-Nya senantiasa menawarkan solusi dan kemudahan. Tidaklah terlewat satu pun kebaikan melainkan beliau ajarkan kepada umatnya dan tidaklah ada satu keburukan, melainkan beliau mewanti-wanti mereka agar terhindar darinya.