Inspirasi Sygma Daya Insani

Bijak Menyikapi Pokemon Go

Bijak Menyikapi Pokemon Go

Oleh Azar | Selasa, 19 Juli 2016 07:10 WIB | 93388 Views

Ayah Bunda, Game Pokemon Go tengah menjadi trending topik di masyarakat dunia salah satunya adalah Indonesia. Ada pro kontra mengenai permainan ini tapi yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi kenyataan ini dengan bijak. Kenyataan bahwa permainan pokemon go ada di sekitar anak-anak kita.

Bijak Menyikapi Pokemon Go

Ayah Bunda, Game Pokemon Go tengah menjadi trending topik di masyarakat dunia salah satunya adalah Indonesia. Ada pro kontra mengenai permainan ini tapi yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi kenyataan ini dengan bijak. Kenyataan bahwa permainan pokemon go ada di sekitar anak-anak kita. Apa yang harus Ayah Bunda lakukan ? Mari kita ulas bersama.

Bijak Menyikapi Pokemon Go

  1. Berikan handphone kepada anak yang sudah cukup usia. Berapa banyak anak-anak kita yang terjerumus ke dalam marabahaya diakibatkan sering berinteraksi di dunia maya. Pikirkan seberapa besar pengaruh positif yang bisa didapatkan seandainya si kecil memiliki handphone.
  2. Disiplin waktu. Untuk si kecil beri batas waktu penggunaan handphone. Adanya batas waktu ini, dapat meningkatkan kewaspadaan Ayah Bunda, karena dalam permainan Pokemon Go, si kecil harus berjalan mencari karakter pokemon dan sering kali lupa waktu.
  3. Beri si kecil hadiah. Beri si kecil hadiah jika si kecil mampu berkomitmen dalam menggunakan handphone terutama dalam memainkan pokemon go. Anak diberi pengertian mengenai jika sudah adzan tiba maka langsung solat, tidak lupa waktu makan, dan lain lain.
  4. Beri batasan ruangan dalam bermain. Jika anak tetap ingin main pokemon go, berimereka batas wilayah permainan. Misalnya tidak bermain lebih dari pagar rumah.
  5. Ikut bermain sebagai pengawasan. Ayah Bunda jika si kecil tetap ingin bermain, ikutlah bermain sebagai pengawasan. Ketika bermain pokemon Go, si kecil akan terus melihat layar tapi lupa bahwa didepan ada bahaya. Untuk itu Ayah atau Bunda bisa ikut mengawasisi kecil untuk mengingatkan jika ada bahaya.
  6. Beri pengertian. Hal yang terkadang dilupakan orang tua adalah melarang tapi tidak diberi pengertian dan tidak diberi pengganti akan larangan tersebut. Sebaiknya ketika Ayah Bunda melarang, berikan pengertian bahwa permainan ini dapat menjerumuskan si anak dalam marabahaya. Beri juga pengalihan permainan supaya sang anak bisa terlepas dari pokemon go.
Ayah bunda mari kita jaga dan kita didik anak-anak kita dan kita beritahu esensi dari setiap pendidikan yang kita berikan kepada generasi kita.
 
(Azar)

Produk Pilihan

Multi Set (24NR-RATU).

Detail
Rekomondasi Blog