Kisah Hikmah Sygma Daya Insani

katak vs api namrudz

katak vs api namrudz

Oleh umihani | Jum'at, 23 Februari 2018 15:54 WIB | 18882 Views

Katak Anak-anakku sayang, ??? Malaikat Jibril As berkisah selain semut, ada juga katak yang ikut berjuang membantu memadamkan api yang membakar Nabi Ibrahim As. Yuk kita ikuti kisahnya ya ???

 

Anak-anakku sayang, …

Malaikat Jibril As berkisah selain semut, ada juga katak yang  ikut berjuang membantu memadamkan api yang membakar Nabi Ibrahim As. Yuk kita ikuti kisahnya ya …

 

Diriwayatkan di dalam Syi’bul Iman oleh Al Imam Baihaqi juga di dalam tafsir Imam Qurthubi, ketika Nabi Ibrahim dibakar raja Namrudz  seluruh hewan merasa sangat sedih. seekor katak tidak tahan melihat Nabi Ibrahim mau dibakar oleh Raja. dengan air mata berderai sang katak berdoa. “ Ya Allah, berikanlah aku petunjuk apa yang harus aku lakukan untuk membantu Nabi Ibrahim yang mulia.

Anak-anakku sayang,

Allah benar benar menghargai Niat baik katak. Allah pun mengilhamkan katak untuk mengambil air di sungai dan menaruhnya dalam tembolok mulutnya. Kemudian katak berjalan melompat lompat mendekati arah api dan menyemburkan air itu dari mulutnya.  demikianlh terus-menerus tiada henti dan lelah dirasa sang katak mulia.

 

Anak-anakku sayang ….

berapakah besar mulut katak untuk bisa menampung air. Ya paling banyak seteguk dna kalaupun ada 1000 katak mungkin tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap kobaran api yang menggila.

Seakan-akan perbuatan katak itu sia-siaTidak akan bisa memadamkan api, tapi tahukah kalian …Allah Yang Maha Melihat, (tetap) melihat!!

Allah Swt melihat dengan kasih sayangNya kepada katak yang kecil. Memandangnya dengan penuh cinta kepada katak yang begitu peduli dan cinta kepada Nabiyullah Ibrahim sehingga Allah melalui malaikat Jibril memberitahukan kepada Rasulullah SAW bahwa Allah mengharamkan untuk menyakiti dan membunuh  katak sampai akhir zaman.

Anak-anakku sayang…

Para sahabat bertanya apakah boleh menjadikan daging katak untuk dijadikan obat . Rasulullah kemudian menjelaskan bahwa Allah juga mengharamkan katak untuk dibunuh walaupun untuk tujuan pengobatan. Hal ini sebagai bentuk penghargaan Allah atas usaha katak yang ingin  menyelamatkan Nabi Ibrahim as.

 

Kisah Hikmah Lainnya
Produk Pilihan

Paket 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama.

Detail
Rekomondasi Blog