Kisah Hikmah Sygma Daya Insani

Masjid yang Pertama kali di Bangun di Dunia

Masjid yang Pertama kali di Bangun di Dunia

Oleh N_fha | Rabu, 04 Juli 2018 11:57 WIB | 76404 Views

Setelah itu, beliau menyuruh Abu Bakar lalu Umar bin Khattab dan setelahnya Utsman bin Affan. Ammar bin Yasir adalah orang yang pertama kali membangun temboknya. Kemudian, para sahabat Muhajirin dan Anshar membangunnya bersama-sama.

     Rasulullah SAW adalah orang pertama yang meletakkan batu untuk mendirikan Masjid Quba. Setelah itu, beliau menyuruh Abu Bakar lalu Umar bin Khattab dan setelahnya Utsman bin Affan. Ammar bin Yasir adalah orang yang pertama kali membangun temboknya. Kemudian, para sahabat Muhajirin dan Anshar membangunnya bersama-sama.

     Begitu masjid selesai, kaum Muslimin di Quba menyangka Rasulullah SAW akan tinggal di Quba lebih lama lagi. Namun, Allah SWT memerintahkan Raasulullah SAW untuk berangkat ke Yatsrib. Begitu mengetahui hal itu, dengan wajah sedih, Kaum Muslimin Quba mendatangi Rasulullah SAW dan bertanya pelan, " Ya Rasulullah, apakah tuan memang menghendaki rumah yang lebih baik dari pada rumah kami ?"

     Rasulullah SAW mengerti betapa besar rasa sayang kaum Muslimin Quba terhadap dirinya. Beliau pun menjawab dengan kata-kata yang sangat halus, " Oh, tidak begitu. Allah memerintahkan saya berangkat ke yatsrib. karenanya, hendaklah tuan-tuan membiarkan unta saya terus melanjutkan perjalanan"

     Sebelum berangkat, Rasulullah SAW berdiri didepan Masjid Quba . Para sahabat berkumpul dihadapan beliau. Rasulullah SAW bertanya kepada mereka, "Apakah anda sekalian orang-orang yang beriman?'

     Semuanya terdiam, tidak seorangpun yang berani menjawab. kemudian, Rasulullah SAW bertanya lagi, " Apakah Anda sekalian orang-orang beriman?,"
Kembali semua orang terdiam kecuali Umar bin Khattab. saat itu Umar menjawab, " Ya Rasulullah, Sesungguhnya mereka semua orang-orang beriman dan saya termasuk salah seorang dari mereka."

     Rasulullah SAW bertanya lagi, " Apakah anda sekalian percaya pada keputusan Allah?"
     Kali ini semuanya menjawab, "Ya,"
     "Ya, ya Rasulullah."
     "Dan apakah anda sekalian bersyukur saat mendapat kebahagiaan ?"
     "Ya, Kami bersyukur ya Rasulullah."
     "Demi Tuhan Ka'bah, kalau begitu Anda sekalian adalah orang-orang beriman."

Sumber : Muhammad Teladanku
Buku 6
Hlm. 14-15

Kisah Hikmah Lainnya
Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog