Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Masjid yang Pertama kali di Bangun di Dunia

Masjid yang Pertama kali di Bangun di Dunia

     Rasulullah SAW adalah orang pertama yang meletakkan batu untuk mendirikan Masjid Quba. Setelah itu, beliau menyuruh Abu Bakar lalu Umar bin Khattab dan setelahnya Utsman bin Affan. Ammar bin Yasir adalah orang yang pertama kali membangun temboknya. Kemudian, para sahabat Muhajirin dan Anshar membangunnya bersama-sama.

     Begitu masjid selesai, kaum Muslimin di Quba menyangka Rasulullah SAW akan tinggal di Quba lebih lama lagi. Namun, Allah SWT memerintahkan Raasulullah SAW untuk berangkat ke Yatsrib. Begitu mengetahui hal itu, dengan wajah sedih, Kaum Muslimin Quba mendatangi Rasulullah SAW dan bertanya pelan, " Ya Rasulullah, apakah tuan memang menghendaki rumah yang lebih baik dari pada rumah kami ?"

     Rasulullah SAW mengerti betapa besar rasa sayang kaum Muslimin Quba terhadap dirinya. Beliau pun menjawab dengan kata-kata yang sangat halus, " Oh, tidak begitu. Allah memerintahkan saya berangkat ke yatsrib. karenanya, hendaklah tuan-tuan membiarkan unta saya terus melanjutkan perjalanan"

     Sebelum berangkat, Rasulullah SAW berdiri didepan Masjid Quba . Para sahabat berkumpul dihadapan beliau. Rasulullah SAW bertanya kepada mereka, "Apakah anda sekalian orang-orang yang beriman?'

     Semuanya terdiam, tidak seorangpun yang berani menjawab. kemudian, Rasulullah SAW bertanya lagi, " Apakah Anda sekalian orang-orang beriman?,"
Kembali semua orang terdiam kecuali Umar bin Khattab. saat itu Umar menjawab, " Ya Rasulullah, Sesungguhnya mereka semua orang-orang beriman dan saya termasuk salah seorang dari mereka."

     Rasulullah SAW bertanya lagi, " Apakah anda sekalian percaya pada keputusan Allah?"
     Kali ini semuanya menjawab, "Ya,"
     "Ya, ya Rasulullah."
     "Dan apakah anda sekalian bersyukur saat mendapat kebahagiaan ?"
     "Ya, Kami bersyukur ya Rasulullah."
     "Demi Tuhan Ka'bah, kalau begitu Anda sekalian adalah orang-orang beriman."

Sumber : Muhammad Teladanku
Buku 6
Hlm. 14-15








Kisah Hikmah Lainnya
Persekongkolan Laba-laba dan Burung Merpati di Gua Tsur
Persekongkolan Laba-laba dan Burung Merpati di Gua Tsur

"Kita harus melintasi jalan yang berlawanan" ucap Rasulullah SAW. Kepada Abu Bakar. "baiklah" jawab Abu Bakar dengan patuh. mereka melintasi jalur selatan menuju Yaman. Ketika itu, jalur utama menuju Yastrib ada di utara. Mereka berharap tidak akan menemukan siapapun di jalan yang dilewati. setelah menempuh 5 mil perjalanan, mereka tiba di Gunung Tsur. Mereka bermaksud mendaki puncak gunung. Disanalah terdapat Gua Tsur.
BUKTI RASULULLAH SAW MENGAJARKAN UNTUK MENCINTAI DAN MENYAYANGI ANAK-ANAK
BUKTI RASULULLAH SAW MENGAJARKAN UNTUK MENCINTAI DAN MENYAYANGI ANAK-ANAK

Rasulullah SAW adalah kakek yang penyayang. Beliau sangat sering bermain dengan cucu-cucunya. Beliau memberikan Umamah, Putri Zainab dan Abu Al Ash, manarik-narik jubbah beliau sedang shalat. Bahkan, Rasulullah SAW membiarkan Umamah menunggangi punggung ketika beliau juga sedang shalat.
Hindarilah Berburuk Sangka Terhadap Sesamamu
Hindarilah Berburuk Sangka Terhadap Sesamamu

Berburuk sangka termasuk laku yang salah, pemantik dosa. Ketika seseorang berburuk sangka dan sangkaannya itu benar, maka sama sekali ia tak akan mendapat pahala apapun. Sementara jika ia berburuk sangka dan sangkaannya itu salah, maka pasti atasnya perbuatan dosa. Betapa tak bermanfaatnya berburuk sangka, menstigmaisasi, dan menghakimi seseorang dari apa yang sedikit pengetahuan kita tentang dia.
Lebih dari sekedar dongeng pengantar tidur
Lebih dari sekedar dongeng pengantar tidur

Lebih dari sekedar dongeng pengantar tidur Yaitu Kisah nabi dan rasul

Nabi dan rasul adalah seseorang yang mulia yang merupakan utusan dari Allah yang menerima wahyu dari Allah dan menyampaikan ajarannya pada kaumnya.Jumlahnya pun sangat banyak,namun yang harus kita imani hanya 25 rasul saja

Produk Pilihan
Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST
Rp 2.495.000
Rp 1.996.000

Rekomendasi Blog
Ayah Bunda Bimbing Aku
Selasa, 17 April 2018 00:05 WIB

Ayah, Bunda... Setiap anak yang lahir di dunia adalah amanah Allah yang dititipkan kepada orang tua nya. Mereka lahir dalam kondisi fitrah. Tugas besar pengasuhan diberikan orangtua untuk membesarkan, mendidik dan mengasuh dengan pengasuhan yang benar. Anak-anak kita adalah investasi akhirat yang harus benar-benar dijaga, diasuh dengan melibatkan peran Alloh. Ayah, Bunda... Mari kita wariskan kenangan terbaik buat anak-anak kita dengan terus mendampingi, mendidik dan mengasuh dengan pengasuhan yang baik.