Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Anakku... Alarmku.

Anakku... Alarmku.

Alhamdulillah, Allah karuniakan seorang anak laki-laki sholeh untuk kami. Aku dan suami beri nama ia Fatahillah Akbar. Umurnya saat ini 2 tahun, 6 bulan.

Bakda subuhan, "Bunda... Bunda tidak boleh" katanya padaku.
Saat itu aku sedang menggelayutkan handuk milik ayah nya dileherku. "apa yang tidak boleh nak?" tanyaku padanya.
"bunda tidak boleh..." katanya lagi (khas dengan bicaranya yg masih cadel) "tidak boleh apa?" tanyaku lagi.
"ini handuk ayah, bunda belum ijin!" katanya. "Subhanallah" ... Aku bertasbih dalam hati.

Anakku kini sudah bisa mengingatkanku. Mengingatkan ku untuk ijin, bagiku ijin itu adalah suatu akhlak yang sangat baik yang harus diterapkan sedini mungkin pada anak-anak.
Ya, aku mengambil handuk ayahnya karena memang akan ku pakai buat mandi, dan memang belum ijin.

"Bunda, sini handuknya... " aku yang sempat terkesima, kembali memandang anak ku. "iya nak, bunda ijin dulu ya. "
"Ayah, bunda boleh pinjam handuk ayah?...karena handuk bunda sedang di cuci." ijinku pada ayahnya.
"iya, boleh bunda." kata ayahnya sambil senyum penuh kegembiraan sepertiku.
"Nak, Alhamdulillah ayah sudah beri ijin, sekarang bunda boleh pinjam handuknya?" dengan senyum sumringah ku padanya.
"Boleh bunda, bunda sudah ijin" dengan senyum gantengnya yang sangat khas bagiku.

Setelah selesai mandi dan berpakaian rapi. Kami menikmati sarapan pagi, sambil sarapan aku dan suamiku membicarakan hal yang baru saja membuat kami mengambil pelajaran.
"Alhamdulillah ya kang, Fatahillah anak ayah ini sudah bisa mengingatkan bunda untuk ijin."
"Alhamdulillah, iya bunda. Siapa dulu yang suka bacakan buku ya nak ya...." katanya sambil menyuapkan makanan ke anak kami yang baru satu ini.
"Bunda ya nak ya...." bujukku pada anak ku. "Ayah ya nak ya...." bujuk ayahnya. Sedang anak kami senyum-senyum senang saja sambil menikmati makanan dimulutnya.
"Ya, Alhamdulillah, buku-buku yang kita belikan buat fatahillah, semua memberi pelajaran yang baik." kata ayahnya.

Aku sangat bersyukur, sejak sebelum Fatahillah lahir, kami sudah mulai membeli Al Quran untuk anak-anak dan beberapa buku yang waktu itu kepikirnya kelak jika anak kami lahir, kami bisa mulai memperkenalkan Al Quran dan buku-buku itu. Kami memahami betapa mendidik anak ini adalah sesuatu yang harus kami rancang dari sekarang, agar kelak ia tumbuh sesuai dengan harapan kami orang tuanya.
mendidiknya sedini mungkin dengan akhlak akhlak yang baik adalah salah satu tujuan kami.
Melalui buku, banyak pesan yang bisa disampaikan dan diajarkan.
Melalui buku, kita bisa mengenalkan kepada anak siapa Tuhannya, menyampaikan sejarah lehidupan Rasulullah, menyampaikan risalah perjuangan dakwah Rasulullah, menyampaikan kisah para nabi dab rasul, menyampaikan sirah para sahabat, menceritakan kisah kisah teladan, yang kesemuanya kemudian bisa diambil pelajaran olehnya. Tentunya buku-buku ini adalah buku yang sesuai usianya, full colour dan gambar yang membuat mereka senang melihatnya. Selain itu, dari beberapa kegiatan parenting yang kami ikuti, membacakan buku pada anak akan memberi banyak stimulus untuknya, diantaranya berkembangnya kosa kata yang dimiliki anak, berkembangnya kemampuan berbicara, berkembangnya kemampuan nalar pada anak dan membangun bounding anak kepada ayah bundanya.

Selamat membacakan buku ayah bunda.









Kisah Hikmah Lainnya
Ketika Aku Mengeluhkan kebaikanku
Ketika Aku Mengeluhkan kebaikanku

Masihkah Ada kalanya ketika kita sebagai seorang isteri dan ibu dari anak anak kita, begitu sangat melupakan kebaikan yang ada pada diri kita sendiri? Seolah-olah kita selalu merasa pekerjaan rumah tangga yang setiap hari, setiap waktu,setiap tarikan nafas, begitu amat membebani diri ini. Kenyataanya?, disadari atau tidak, ada kebaikan disana, ada ketaqwaan disana, ada pahala yang terus mengalir. Pahala Rabbmu yang tiada putus Kau terima. Apakah kita merasa pekerjaan rumah tangga ini adalah sebuah beban? bagaimana Rasulullah saw memberikan nasihatnya kepada Fathimah, putri tercintanya?
Semut dan Rezeki
Semut dan Rezeki

Kisah Semut dan Rezeki,, semoga bisa menjadi bahan renungan bersama
Masjid yang Pertama kali di Bangun di Dunia
Masjid yang Pertama kali di Bangun di Dunia

Setelah itu, beliau menyuruh Abu Bakar lalu Umar bin Khattab dan setelahnya Utsman bin Affan. Ammar bin Yasir adalah orang yang pertama kali membangun temboknya. Kemudian, para sahabat Muhajirin dan Anshar membangunnya bersama-sama.
Persekongkolan Laba-laba dan Burung Merpati di Gua Tsur
Persekongkolan Laba-laba dan Burung Merpati di Gua Tsur

"Kita harus melintasi jalan yang berlawanan" ucap Rasulullah SAW. Kepada Abu Bakar. "baiklah" jawab Abu Bakar dengan patuh. mereka melintasi jalur selatan menuju Yaman. Ketika itu, jalur utama menuju Yastrib ada di utara. Mereka berharap tidak akan menemukan siapapun di jalan yang dilewati. setelah menempuh 5 mil perjalanan, mereka tiba di Gunung Tsur. Mereka bermaksud mendaki puncak gunung. Disanalah terdapat Gua Tsur.
Produk Pilihan
Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST
Rp 2.495.000
Rp 1.449.096

Rekomendasi Blog
Kebaikan Rasulullaah
Jum'at, 17 Juni 2016 08:38 WIB

Dalam Islam Bunda yang menyusui tidak diwajibkan untuk berpuasa. Bunda yang khawatir terhadap anaknya, silahkan berbuka dan memberi makan kepada orang miskin. Tapi ada juga Bunda yang merasa kuat untuk berpuasa, maka tidak mengapa ikut berpuasa. Tapi Bunda pastikan usupan nutrisinya tercukupi. Salah satu hal yang dapat Bunda lakukan adalah dengan mengkonsumsi Jus Kurma Susu.