Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
4 Alasan yang Harus Diketahui Ayah Bunda Mengapa Anak Enggan Bercerita

4 Alasan yang Harus Diketahui Ayah Bunda Mengapa Anak  Enggan Bercerita

Kejadian pulang sekolah ....
"hai dek tadi belajar apa?"
"Ya sama kayak kemarin lah ma"
Mama  bertanya lagi "gimana tadi di sekolah"
Adek jawab "ya gitulah ma"
Mama masih penasaran dan melanjutkan pertanyaannya  "kabar teman teman adek hari ini"
Adek menjawab "ya asyik asyik aja" 
dan kemudian si adik pergi begitu saja, serta tinggallah mama yang gigit jari hehe 😁
 
Ayah bunda sering kali  kita berharap anak2 akan bercerita banyak hal pada kita tentang kegiatannya.  Akan tetapi mereka tidak mampu melakukannya...
 
Kenapa bisa terjadi seperti ini ? Ada 4 hal yang harus kita perhatikan
 
1. Anak tidak memiliki minat bercerita dan bonding yang cukup dekat secara emosi dengan kita, sehingga merasa kurang nyaman berbagi cerita dengan orang tuanya. Mereka merasa lebih nyaman curhat dengan teman seusia mereka atau peer group
 
2. Anak tidak memiliki ketrampilan berbahasa yang cukup memadai untuk mengungkapkan ceritanya,  sehingga kalau diajak berkomunikasi kurang mampu memberikan respons seperti yang kita harapkan.
 
3. Anak tidak biasa berbagi cerita, karena memang tidak terbiasa dan juga jarang berkomunikasi.  Apabila  berkomunikasi dengan kita, mungkin sekedar perlu untuk menyampaikan kebutuhan dan keinginannya saja.
 
4. Selama ini kita tidak menyadari bahwa anak anak hanya kita ajarkan berbicara,  tapi bukan berbahasa. Ada hal mendasar belajar bicara dan belajar berbahasa.  Saat anak belajar berbicara mereka hanya belajar mengeluarkan suara dan menirukan suara serta bunyi. Baik itu dalam bentuk kosa kata dan bunyi bunyi lainnya tanpa memperhatikan kaidah aturan dalam berbahasa,  yang memiliki S,P,O dan K serta etika dalam berbahasa. Sedangkan dalam berbahasa terikat aturan baku tata bahasa, etika, sehingga makna informasi yang ingin disampaikan diterima dengan jelas, tepat dan benar.

apa yaa solusi untuk anak seperti ini?








Parenting dan Anak Lainnya
Tangisan Umar Bin Khatab
Tangisan Umar Bin Khatab

Umar Ibnul Khattab radhiallahu anhu adalah sosok yang memiliki tubuh kekar, watak yang keras dan berdisiplin yang tinggi serta tak kenal gentar. Namun di balik sifat tegasnya tersebut beliau memiliki hati yang lembut.
Mau Anak Rajin Solat? Ini 5 Cara Agar Anak Mau Solat 5 Waktu
Mau Anak Rajin Solat? Ini 5 Cara Agar Anak Mau Solat 5 Waktu

Semua orang tau solat adalah tiang agama dan itu adalah kewajiban. Tapi berapa banyak orang yang melakukan solat sebagai bentuk rasa syukur karena Allah telah memberikan segalanya kepada kita. Ayah Bunda yang dirahmati Allah, betapa rindu dan bahagianya ya jika kita memiliki anak-anak yang rajin sholat. Subhanallah, anugrah yang luar biasa.
4 Cara Agar Ibu Lebih Siap Menghadapi Anak yang Rewel
4 Cara Agar Ibu Lebih Siap Menghadapi Anak yang Rewel

Seorang Bunda adalah seorang manusia tangguh dan kuat karena harus menjaga suami dan anak-anaknya. Bunda pun mempunyai peranan yang sangat penting dalam kesuksesan suami dan anak, bahkan ada pepatah mengatakan bahwa “Jika Ingin mengetahui keberhasilan suatu negara, maka lihatlah para wanitanya”. Keberhasilan seorang Bunda tak lepas dari yang namanya “kesabaran”. Ada beberapa hal penting yang bisa kita lakukan sehubungan dengan malatih diri kita sebagai orangtua dalam upaya meningkatkan kemampuan pengendalian emosi, antara lain adalah :
6 Cara Memperbaiki Sifat Buruk Anak Karena Salah Pola Asuh
6 Cara Memperbaiki Sifat Buruk Anak Karena Salah Pola Asuh

Ayah Bunda setelah membahas mengenai dampak dari anak manja di artikel Takaran Cinta yang Salah Membinasakan Anakmu kini kita bahas mengenai bagaimana mengatasi anak yang sudah terlanjur manja. Anak dengan sifat manja biasanya akan melakukan segala cara untuk mendapatkan yang ia inginkan, dan ketika ia mendengar kata tidak maka ia akan mengamuk, marah, merengek, menendang, dan sebagainya. Lalu bagaimana jika anak Ayah Bunda sudah memiliki sifat manja?
Produk Pilihan
Rekomendasi Blog
Romantisme Rasulullah kepada Istri
Selasa, 27 September 2016 04:19 WIB

Ayah Bunda, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam adalah teladan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam rumah tangga. Apa sajakah yang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam lakukan untuk membahagiakan istrinya? Mari kita simak pembahasan beberapa hadits berikut ini: