Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga

6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga

6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga

 

Bermain merupakan hobi anak, dunia anak, dan aktivitas anak. Bermain dan berkreasi bisa menghadirkan KECERIAAN dan KREATIVITAS anak. Bermain bagi anak juga tidak harus dengan berbagai macam mainan yang canggih atau mahal. Namun hadiah terbaik bagi anak adalah WAKTU dan KEBERSAMAAN bermain dengan ORANGTUANYA. Kita bisa mengajak anak bermain dan berkreasi sendiri permainan apa yang ingin dinikmati.

Bagi anak, bermain bersama orangtua memiliki kesan tersendiri. Anak akan merasa diperhatikan, dihargai, dan diapresiasi kreativitasnya. Sementara bagi orang tua, bermain bersama anak dapat menciptakan bonding atau ikatan batin yang kuat dengan anak. Selain itu, bermain bersama anak-anak adalah kegiatan yang biasa dilakukan Rasulullah ﷺ.

Aktivitas bermain yang baik adalah yang bisa melibatkan orang tua dan anak secara aktif dengan berkreasi bersama-sama. Setidaknya ada dua prinsip utama saat melakukan aktivitas bermain kreatif bersama anak. Pertama adalah keselamatan bagi orangtua dan anak. Kedua dan yang utama adalah proses mengalami, bukan sekadar kesempurnaan yang dicari.

Berikut 6 tips bermain dan berkreasi bersama keluarga:

1. Niat

Bagi orang tua, tanamkan niat yang lurus dan tulus ketika akan melakukan aktivitas bermain dan berkreasi bersama keluarga, terutama anak-anak. Yakinkan bahwa aktivitas ini merupakan bagian dari ibadah yang bisa meningkatkan ikatan emosional kita dengan anak dan menstimulus aspek-aspek lain pada diri anak kita.

2. Komitmen Waktu dan Kehadiran

Berkumpul bersama keluarga bukan sekedar KUALITAS WAKTU, tetapi juga KUANTITAS WAKTU. Aktivitas bermain dan berkreasi terkadang memakan waktu yang cukup panjang. Untuk itu, ketika kita sudah berkomitmen, luangkanlah waktu yang benar-benar cukup untuk menemani dan membimbing anak-anak kita saat bermain dan berkreasi. Pastikan juga kita "hadir" saat itu. Jauhkan sementara hal-hal yang bisa mencuri perhatian kita dari aktivitas yang sedang kita lakukan bersama keluarga.

3. Persiapkan Segalanya

Beberapa aktivitas kreatif memerlukan persiapan yang cukup matang, seperti alat dan bahan. Oleh karena itu, pastikan semua sudah disiapkan dengan baik. Jangan sampai aktivitas terganggu karena harus mencari sesuatu yang belum ada.

4. Keselamatan yang Utama

Pastikan keselamatan diri dan anak-anak dalam setiap aspek bermain. Beberapa alat seperti gunting dan cutter mungkin hanya orangtua yang boleh menggunakan. Selain berhati-hati, sediakan juga perangkat P3K di rumah.

5. Bersama dari Awal hingga Akhir

Fokus dari bermain dan berkreasi bersama adalah proses mengalami, bukan kesempurnaan hasil. Proses ini bermula dari persiapan, pelaksanaan, hingga proses berkemas. Alangkah baiknya jika anak-anak tetap terlibat di setiap prosesnya. Dengan demikian, karakter positif anak seperti kepercayaan diri dan tanggung jawab akan ikut terbangun.

6. Dokumentasikan

Sedapat mungkin setiap proses didokumentasikan sebagai bentuk apresiasi dan bahan evaluasi. Kelak saat anak tumbuh besar, dokumentasi ini bisa menjadi bahan cerita dan refkeksi bahwa dia sudah jauh berkembang dari saat itu.

Nah, Ayah Bunda, selamat menikmati proses bermain dan berkreasi bersama keluarga!

Sumber rujukan: Buku Play Time Familia Kreativa Muhammad Teladanku Rasulullah Teladan Utama









Parenting dan Anak Lainnya
Yuk Ajak Anak Mencintai Ilmu
Yuk Ajak Anak Mencintai Ilmu

Dalam aktivitas pembentukan ilmu dan pemikiran, harus disertai kejelasan dasar yang dipakai sebagai landasan oleh kedua orang tua, agar upaya yang mereka lakukan terjamin keselamatannya, banyak pengetahuannya dan pemikirannya. Sebab, pembentukan keilmuan merupakan unsur terpenting dalam membentuk pribadi anak, karena terkait dengan pembentukan otak dan pola pikir anak. Apabila pembentukan yang dilakukan benar, tentu si anak akan menjadi baik dan merupakan kabar gembira bagi kedua orang tua, namun sebaliknya, kalau pembentukan yang dilakukan salah, si anak justru menjadi musuh bagi kedua orang tua yang memerangi mereka dari dalam dan menyebabkan mereka masuk ke dalam Neraka Jahannam, Na’udzubillah.
Pentingnya Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak
Pentingnya Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak

Mendidik dan mengasuh anak adalah tugas kedua orang tua. Tetapi seringkali karena terlalu fokus pada tugasnya sebagai pencari nafkah keluarga, membuat tugas penting lainnya jadi terabaikan .. Padahal peran ayah sangat penting lho bagi tumbuh kembang anak .. Seberapa pentingnya sih peran ayah? Yuuk kita simak ..
Ibu, Jadilah Teladan Adab untuk Anakmu
Ibu, Jadilah Teladan Adab untuk Anakmu

Tentang bersikap pada anak, selayaknya orang tua memiliki spontanitas yang tepat. Di depan mataku bukan hanya renggutan, tapi juga cubitan. Spontanitas biasanya terbentuk dari kebiasaan. Mungkin bukan kali pertama sang ibu mencubit anak, oleh berbagai sebab.
Para Khalifah dan Penghormatannya pada Guru
Para Khalifah dan Penghormatannya pada Guru

Kita sedih,marah dan kecewa dengan viralnya video dimana seorang guru menjadi sasaran bully sekelompok murid pria di kelas. sempat diklarifikasi, bahwa hal tersebut hanyalah candaan belaka. Jikapun benar. Pantaskah?? Pantaskah seorang guru diperlakukan seperti itu? Presiden,Dokter,polisi,tentara mereka semua takkan pernah ada. tanpa adanya seorang guru. Beginikah cara penghormatan anak anak jaman sekarang? Bagaimana Kholifah dulu member penghormatan terhadap seorang guru???
Produk Pilihan
Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM)
Rp 2.850.000
Rp 1.655.280

Rekomendasi Blog
6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga
Senin, 03 Desember 2018 14:44 WIB

Bermain dan berkreasi bisa menghadirkan KECERIAAN dan KREATIVITAS anak. Hadiah terbaik bagi anak adalah WAKTU dan KEBERSAMAAN bermain dengan ORANGTUANYA. Bagi anak, bermain bersama orangtua memiliki kesan tersendiri. Anak akan merasa diperhatikan, dihargai, dan diapresiasi kreativitasnya. Sementara bagi orang tua, bermain bersama anak dapat menciptakan bonding atau ikatan batin yang kuat dengan anak. Setidaknya ada dua prinsip utama saat melakukan aktivitas bermain kreatif bersama anak. Pertama adalah keselamatan bagi orangtua dan anak. Kedua dan yang utama adalah proses mengalami, bukan sekadar kesempurnaan yang dicari.