Parenting dan Anak Sygma Daya Insani

Pentingnya Pendidikan Akhlak  Pada Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Tumbuh Kembang Anak

Oleh Sygma Inovation | Senin, 01 April 2019 13:42 WIB | 5989 Views

Keluarga adalah komunitas terkecil dalam sebuah kelompok masyarakat, yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Keluarga berperan pula sebagai lembaga pendidikan informal dalam membentuk generasi muda. Generasi yang diharapkan tumbuh menjadi anak yang cerdas akal dan mulia akhlaknya.

Keluarga adalah komunitas terkecil dalam sebuah kelompok masyarakat, yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Keluarga berperan pula sebagai lembaga pendidikan informal dalam membentuk generasi muda. Generasi yang diharapkan tumbuh menjadi anak yang cerdas akal dan mulia akhlaknya.
Orang tua bertanggung jawab atas pendidikan sang anak dan dituntut untuk memberikan pembinaan akhlak mulia terhadap anak,-anaknya. Ingat, apapun yang dilakukan oleh orang tua otomatis akan diikuti oleh sang anak.
Mulia tidaknya akhlak seorang anak sangat ditentukan oleh pendidikan yang mereka peroleh sejak kecil. Pendidikan yang dimulai dari lingkungan keluarga. Maka, orang tua bertanggung jawab penuh terhadap tumbuh kembang sang anak.
Lalu, apa yang perlu dipersiapkan oleh orang tua untuk memberikan pembinaan akhlak terhadap anak? Sehingga mereka bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas akalnya dan mulia akhlaknya? Berikut ada 9 hal yang perlu disadari oleh ayah dan bunda, dalam mendidik anak-anaknya, antara lain:

  1. Anak adalah Anugrah
Allah SWT memberikan kebahagiaan dalam kehidupan suami-istri berupa anak-anak dalam kehidupan rumah tangga. Seiring dengan hadirnya anak dalam kehidupan rumah tangga, Allah menanamkan kebahagiaan dan rasa kasih sayang terhadap sang buah hati. Allah melimpahkan anugerah yang sangat luar biasa dengan hadirnya seorang anak
  1. Anak adalah Amanah
Kehadiran anak menjadi ajang pembuktian tugas dan wewenang orang tua di hadapan Allah SWT. Orang tua harus mempertanggung-jawabkan segala hal yang terkait dengan anak-anaknya.
  1. Anak adalah Ujian
Ujian dapat menjadi musibah atau nikmat tergantung bagaimana cara kita meyikapinya. Anak adalah salah satu ujian (fitnah) bagi orang tuanya. Ketika ujian dapat dilalui dengan baik, maka kebahagiaan dan keberuntungan akan semakin bertambah.
  1. Lakukan yang Terbaik Sejak Dini
Pengorbanan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak sering kali menjadi hal yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, berikan pendidikan yang terbaik kepada anak sejak dini.
  1. Jaga Kefitrahan, Ajarkan Ketauhidan
Fitrah adalah bahan dasar yang Allah SWT bekalkan kepada setiap manusia. Orang tua berkewajiban menjaga kefitrahan tersebut. Ajarkan anak ketauhidan sejak dini, sehingga lembaran-lembaran putihnya tidak sempat terjamah oleh kemusyrikan. Seperti yang disebutkan dalam Quran surat Luqman dan Al-Hadits.
  1. Ajarkan Mencintai Nabi, Keluarga, dan Al-Quran
Anak membutuhkan belaian kasih sayang. Mereka pun perlu diajarkan kasih sayang dan kecintaan kepada nabinya. Rasulullah Saw pernah bersabda, “Ajari anakmu dengan tiga perkara. Kecintaan kepada nabinya, kecintaan kepada keluarganya, dan kecintaan kepada membaca Al-Quran,” (Al-Hadits).
  1. Ajarkan Hukum-Hukum Dasar (Halal-Haram)
Ketika mereka sudah memiliki nalar yang baik, ajarkan prinsip-prinsip halal dan haram dalam Islam. Hal itulah yang akan menjadi dasar dari perilaku mereka selanjutnya.
  1. Ajarkan Akhlak yang Baik
Anak adalah amanah, anugerah & cobaan. Anak adalah titipan Allah untuk menjadi generasi yang cerdas akalnya dan mulia akhlaknya. Anak pada hakikatnya adalah ibarat kertas putih, sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tuanya-lah yang menjadikannya Nasrani, Yahudi atau Majusi,” (HR Bukhari).
  1. Dampingi Anak dengan Doa-Doa Terbaik
Doa adalah hakikat dari seorang hamba. Setiap ikhtiar hendaknya selalu diiringi dengan doa yang terbaik.
Dari kesembilan poin di atas, diharapkan ayah dan bunda menyadari betapa pentingnya memberikan pembinaan akhlak terhadap anak sejak usia dini.
 

Parenting dan Anak Lainnya
Produk Pilihan

Paket 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama.

Detail
Rekomondasi Blog