Parenting dan Anak Sygma Daya Insani

Ini Dia 2 Manfaat Neurosains bagi Tumbuh Kembang Anak

Ini Dia 2 Manfaat Neurosains bagi Tumbuh Kembang Anak

Oleh Sygma Inovation | Kamis, 18 April 2019 11:13 WIB | 15542 Views

Bagi orang tua mempelajari neurosains ternyata bisa berguna ketika mendidik anak, loh. Apa itu neurosains? Neurosains merupakan satu bidang kajian mengenai sistem saraf yang ada di dalam otak manusia. Neurosains berguna dalam mengenali tumbuh kembang anak dan mampu menjadi stimulus untuk mencerdaskan dan mengoptimalisasi kemampuan anak. Terutama yang berada di usia Golden Age, yaitu ketika anak berusia 0-6 tahun.

Usia ini diyakini sebagai masa emas anak dalam mempelajari berbagai stimulus yang diberikan terhadap mereka. Golden Age dapat menjadi kunci dasar perkembangan anak di masa depan. Menarik, bukan?
Salah seorang praktisi neurosains terapan, Anne Gracia, menyatakan teori terapan ini mengkhususkan diri untuk membantu orang tua serta guru. Terutama dalam mengetahui secara spesifik profil kematangan anak.
Setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing atau bakat yang berbeda. Perbedaan kemampuan itulah yang dapat digunakan sebagai tolak ukur para pendamping anak agar mampu menyusun aktivitas mereka. Hal ini dipergunakan sehingga bisa menyeimbangkan kemampuan anak yang berbeda-beda.
Banyak manfaat yang bisa orang tua ambil dari mempelajari neurosains. Hal ini sangat penting guna mengetahui lebih dalam mengenai perilaku anak. Terutama yang menjurus pada bakat dan minatnya.
Bahkan orang tua sepatutnya bersyukur dengan perbedaan perilaku pada anak. Karena masing-masing dari mereka nantinya akan tumbuh dengan perilakunya sendiri. Pun meski anak terlahir kembar identik sekalipun, dia akan memiliki perilaku yang berbeda.
Jadi, manfaat pertama bagi orang tua ketika mempelajari neurosains adalah mampu mengenali bakat dan minat anak dengan mengamati perilakunya. Kemudian manfaat kedua bagi orang tua dengan pengetahuan neurosains, adalah bisa mengamati perilaku anak abnormal. Sehingga orang tua dapat bertindak tepat untuk mengubah perilaku tersebut. Tentu kedua manfaat tersebut berguna bagi orang tua, ya.
Nah, terlepas dari seperti apa perilaku buah hati Anda, orang tua perlu mendukung anak dengan memberikan nutrisi yang cukup. Stimulus yang dibutuhkan sejak usia dini pun juga diperlukan. Apalagi jika si kecil baru menginjak usia balita atau di masa Golden Age anak.

Parenting dan Anak Lainnya