Parenting dan Anak Sygma Daya Insani

Penyebab dan Solusi Obesitas

Penyebab dan Solusi Obesitas

Oleh Azar | Rabu, 20 Juli 2016 05:39 WIB | 52764 Views

Ayah Bunda, kenal dengan Arya Permana ? Arya Permana adalah bocah beumur 10 tahun yang memiliki berat badan lebih dari 2 kuintal. Bocah yang berasal dari Karawang ini mengalami kesulitan dalam beraktivitas termasuk pergi ke sekolah dikarenakan sesak untuk berjalan.

Penyebab dan Solusi Obesitas

Ayah Bunda, kenal dengan Arya Permana ? Arya Permana adalah bocah beumur 10 tahun yang memiliki berat badan hampir 2 kuintal. Bocah yang berasal dari Karawang ini mengalami kesulitan dalam beraktivitas termasuk pergi ke sekolah dikarenakan sesak untuk berjalan.
Ayah Bunda, hal ini bisa jadi menimpa anak-anak kita. Untuk itu , kita sebagai orang tua sebaiknya mulai mengantisipasi masalah obesitas pada anak.  Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai penyebab dan solusi mengatasi obesitas pada anak.
Penyebab obesitas salah satunya adalah pengaruh genetik dan hormon pada berat badan. Obesitas juga dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat. Asupan makanan yang melebihi kebutuhan tanpa diimbangi aktivitas yang cukup sehingga lemak menumpuk dalam tubuh. Ayah Bunda, mulai sekarang ajak si kecil olahraga, untuk mengimbangi jumlah lemak yang masuk dan yang keluar.
Solusi yang dapat diatasi untuk pencegahan obesitas pada anak, yaitu:
  1. Pilihlah makanan sehat untuk si kecil dengan padu padan yang tepat.  Yaitu karbohidrat (nasi, jagung, kentang dan lain lain) dengan sayuran, protein hewani (daging, ikan, seafood) dengan sayuran.
  2. Hindari makanan cepat saji seperti mie instan, junk food, snack, manisan, dan makanan atau minuman yang mengandung lemak tinggi.
  3. Memberikan sarapan sebelum berangkat ke sekolah dan membawakan bekal yang sehat.
  4. Ganti cara mengolah makanan dengan dikukus atau direbus
  5. Arahkan si kecil untuk makan dimeja makan, bukan didepan tv atau layar komputer.
  6. Disiplin waktu. Si kecil yang banyak diam dan asyik dengan gadget, akan membuatnya malas bergerak.
  7. Ajaklah si kecil untuk berolahraga seperti berenang dan bersepeda seminggu sekali.
  8. Pilihlah susu rendah lemak.
  9. Jangan membiasakan menuruti kemauan mereka untuk makan sebelum tidur. Sebaiknya berikan buah sebagai penahan rasa lapar.
Segala macam penyakit yang menimpa anak, salah satunya karena gaya hidup yang kurang sehat. Mulai sekarang kita latih si kecil untuk bergaya hidup sehat ya Ayah Bunda. Selamat mencoba.
(Azar)

Parenting dan Anak Lainnya
Produk Pilihan

Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM).

Detail
Rekomondasi Blog