Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Setelah Bersyukur Tapi Tidak Merasa Ditambah Nikmatnya ? Mungkin Anda Melupakan 5 Cara Ini

Setelah Bersyukur Tapi Tidak Merasa Ditambah Nikmatnya ? Mungkin Anda Melupakan 5 Cara Ini

Setelah Bersyukur Tapi Tidak Merasa Ditambah Nikmatnya ? Mungkin Anda Melupakan 5 Cara Ini

Bagi seorang mukmin, ketiga nikmat tersebut wajib disyukuri kehadirannya sehingga ia termasuk ke dalam golongan orang-orang yang pandai bersyukur kepada Allah, setidaknya ada lima cara bersyukur:
 
  1.  Meyakini bahwa segala sesuatu hanyalah milik Allah semata.
Hati kita jangan merasa memiliki atau dimiliki apapun kecuali oleh Allah. Apa yang kita punya sekarang hanya sekedar titipan yang suatu saat akan diambil oleh pemiliknya.
 
 
  1. Selalu memuji Allah dengan ucapan Alhamdulillah saat mendapatkan nikmat.
Imam Ja’far Shadiq pernah ditanya tentang batas minimal orang yang bersyukur, ia pun menjawab, “Paling tidak orang tersebut akan memuji-muji Allah atas segala nikmat yang diperolehnya, baik itu nikmat keluarga maupun nikmat harta…”
 
 
  1. Manfaatkan nikmat yang ada sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah.
Tidak dikatakan bersyukur kepada Allah apabila kita tidak menggunakan karunia dari Allah untuk sesuatu yang diridhaiNya. Misal, Allah menganugerahi kita mata. Bukti rasa syukur kita teradap karunia mata tersebut adalah dengan menggunakan mata tersebut untuk kebaikan, membaca Al Quran, menelaah ilmu dan melihat kebesaran Allah.
 

Lebih jauh, Ibnu Qudamah mengatakan, “Mensyukuri nikmat mata adalah dengan menyembunyikan cacat saudaramu yang engkau lihat, sedangkan mensyukuri nikmat telinga adalah dengan menyembunyikan segala kecacatan saudaramu yang telah engkau dengar”
 
 
  1. Berterima kasih kepada orang-orang yang menjadi jalan nikmat dan kebaikan.
Bukankah yang paling bersyukur kepada Allah adalah yang paling banyak berterima kasih kepada manusia? Dengan kata lain, ahli syukur itu sangat tahu balas budi. Dalam hadist disebutkan “Tidaklah bersyukur kepada Allah orang yang tidak tahu berterima kasih kepada sesame manusia” - HR Ahmad
 
 
  1. menceritakan nikmat tersebut kepada orang lain.
Tujuannya bukan untuk pamer, melainkan agar orang ingat kepada Allah. “… terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)” QS Adh Dhuha 93:11)
 

Semoga kita menjadi hamba-hamba yang mampu meneladani Allah sebagai asy syakur dengan menjadi ahli syukur.
 








Seputar Islam Lainnya
Rejeki Terasa Seret? Pelajari 5 Penghambat Rejeki Sebelum Terlambat !
Rejeki Terasa Seret? Pelajari 5 Penghambat Rejeki Sebelum Terlambat !

Allah adalah zat pembagi rezeki. Tidak ada setetes air pun yang masuk ke mulut kita kecuali atas izinNya. Oleh karena itu jika Allah sampai menahan rezeki kita, pasti ada prosedur yang salah yang kita lakukan. Setidaknya ada lima hal yang menghalangi aliran rezeki
Ini Himbauan Aa Gym untuk Aksi Damai
Ini Himbauan Aa Gym untuk Aksi Damai

Ayah Bunda, Aa Gym memberikan himbauan kepada seluruh elemen masyarakat pada tanggal 4 November. Himbauan ini diutarakan di Masjid Daarut Tauhid pada tanggal 3 November 2016. Mohon disimak yah untuk aksi damai kali ini.
5 Tanda Hati Cinta Al Quran
5 Tanda Hati Cinta Al Quran

Ayah Bunda, apabila kita memperhatikan keadaan kita saat ini, maka akan di dapati bahwa masih banyak di antara kaum Muslimin yang jauh dari Al Quran, bahkan begitu sangat jauhnya mereka dari petunjuk dan pengajaran yang ada di dalam Al Quran. Mengapa demikian? Penyebab utamanya adalah tidak adanya kecintaan kepada Al Quran. Rasa cinta kepada Al Quran itu telah redup dan menghilang atau bahkan rasa cinta itu telah mati.
5 KEBIASAAN BANGSA ARAB HINGGA MEREKA DIJULUKI " MASYARAKAT JAHILIYAH"
5 KEBIASAAN BANGSA ARAB HINGGA MEREKA DIJULUKI " MASYARAKAT JAHILIYAH"

Di samping kemajuan besar, masyarakat Arab juga mengalami kemunduran luar biasa. Itulah sebabnya mereka dijuluki masyarakat jahiliyah alias masyarakat yang diliputi kebodohan. Itulah sebabnya sampai Allah Subhanahu wa ta'ala mengutus rasul terakhir-Nya di tempat ini. Apa saja yang dilakukan bangsa Arab saat itu sehingga dijuluki "masyarakat jahiliyah"?
Produk Pilihan
Paket Rasulullah Teladan Utama Plus (
Rp 2.750.000
Rp 2.200.000

Rekomendasi Blog
Keutamaan Puasa Syawal
Jum'at, 15 Juli 2016 08:02 WIB

Ayah Bunda, Ramadhan telah berlalu. Semoga amalan kita diteirma oleh Allah. Kini kita berada di Bulan Syawal , salah satu amal sunnah di bulan Syawal adalah puasa syawal. Puasa selama enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan