Seputar Islam Sygma Daya Insani

Hanya Dengan Satu Syarat Ini,  70.000 Malaikat Mendoakan Kita, Mau?

Hanya Dengan Satu Syarat Ini, 70.000 Malaikat Mendoakan Kita, Mau?

Oleh administrator | Jum'at, 10 Februari 2017 09:24 WIB | 101658 Views

Ayah Bunda, malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang dekat denganNya. Malaikat terus bertasbih kepada Allah. Tidak ada penghalang antara malaikat dan Allah. Di antara sebab supaya mendapat istghfar dari malaikat adalah menjenguk orang sakit. Bukan satu atau dua malaikat, tapi puluhan ribu malaikat memintakan ampunan untuknya.

Ayah Bunda, malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang dekat denganNya. Malaikat terus bertasbih kepada Allah. Tidak ada penghalang antara malaikat dan Allah.  Di antara sebab supaya mendapat istghfar dari malaikat adalah menjenguk orang sakit. Bukan satu atau dua malaikat, tapi puluhan ribu malaikat memintakan ampunan untuknya.
 
Dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
 
"Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga." (HR. Al-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi)
 
Siapa jenguk orang sakit di pagi hari, duduk disampingnya menghiburnya, mendoakan kesembuhan untuknya, maka 70 ribu malaikat memintaan ampunan untuknya sampai tiba waktu sore. Amalan ringan tapi memiliki keutamaan yang sangat besar. Ini karena orang tadi menunjukkan sifat rahmat (kasih sayang) kepada sesamanya sehingga Allah juga limpahkan rahmat-Nya kepadanya.
 
Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
 
"Siapa yang mejenguk orang sakit, ia terus dalam naungan rahmat sehingga duduk. Maka apabila ia duduk, ia tenggelam ke dalamnya." (HR. Ahmad. Dishahihkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah, no. 2504)
 
Maka orang yang banyak memintakan ampunan dan mendoakan kebaikan untuk saudara seiman akan lebih banyak mendapatkan istighfar dan doa kebaikan dari malaikat Allah. Bahkan dari hadits Muslim di atas, doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa diketahuinya akan diaminkan Malaikat yang ada di sisinya. Allah juga siapkan pahala melalui setiap mukmin yang didoakan ampunan olehnya.
 
Sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,
 
“Siapa yang beristighfar (memintakan ampunan) untuk orang-orang beriman laki-laki dan perempuan maka Allah mencatat kebaikan untuknya sebanyak kaum muminin dan mukminat.”(HR. al-Thabrani dan dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’. Al-Haitsami berkata tentangnya dalam Majma’ al-Zawaid: sanadnya baik)
 
Masih pelit untuk memberikan kebaikan kepada suadara seiman? Masih enggan memintakan ampunan atas kesalahan-kesalahan saudara seislam? Masihkah terasa berat melangkahkan kaki menjenguk suadara yang terbaring sakit? Wallahu A’lam.
Sumber: voa islam
 

Seputar Islam Lainnya
Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog