Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat

Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat

Al Fatihah adalah bacaan shalat yang amat dahsyat. Dalam fiqih tuntunan shalat, Al Fatihah merupakan bacaan shalat yang bersifat rukun. Teristimewa, Allah akan menjawab pada setiap ayat yang kita baca. Luar biasa, bukan…? firman Allah dalam hadits qudsi, Nabi SAW bersabda, “Allah SWT berfirman: Shalat itu Kubagi dua antara Aku dan hamba-Ku. Untuk hamba-Ku ialah apa yang dimintanya.

  • Apabila ia mengucapkan Alhamdulillahi rabbil alaminAku menjawab: “Hamba-Ku memuji-Ku”.
  • Apabila ia mengucapkan Arrahmaanirrahiim, maka Aku menjawab: “Hamba-Ku menyanjung-Ku”.
  • Apabila ia mengucapkan Maaliki yaumiddiin,maka Aku menjawab: “Hamba-Ku mengagungkan-Ku”.
  • Apabila ia mengucapkan Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin,maka Aku menjawab: “Inilah bagian-Ku dan bagian hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang dimintanya”.
  • Apabila ia mengucapkan Ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin, maka Aku menjawab: “Inilah bagian hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang dimintanya” (HR Muslim).
Sungguh luar biasa, ternyata Allah langsung menjawab bacaan shalat kita… Terungkap sudah rahasianya, mengapa Rasulullah membaca Al Fatihah ayat-demi ayat (tidak menyambungnya), sebagaimana dikatakan dalam hadits:  “Kemudian beliau SAW membaca Al-Fatihah, beliau memenggalnya ayat demi ayat…” (HR Abu Dawud).

Sahabatku ikhwah fillah J … karena itu, untuk memaksimalkan bacaan Al Fatihah, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Membacanya ayat demi ayat (tidak menyambung)
  • Memahami kandungan arti surat Al Fatihah, kata demi kata
  • Mengetahui dan merasakan jawaban Allah pada ayat demi ayat yang kita baca
Meyakini bahwa jawaban Allah akan segera terwujud buat kita








Seputar Islam Lainnya
Mau Doa Maqbul? Perbaiki Cara Berdoa!
Mau Doa Maqbul? Perbaiki Cara Berdoa!

Coba bayangkan seandainya tiba-tiba ada orang mendatangi anda, dan langsung meminta uang dengan cara yang tidak sopan… Dia tidak kulo nuwun, tidak memanggil nama anda dengan santun, tidak memiliki tata krama… Bagaimana perasaan anda? Iba atau enggan ? Nah, jika anda sadar betul akan jawaban pertanyaan di atas, andapun pasti yakin bahwa anda tidak boleh bergaya preman kampung macam itu kepada orang lain! Setuju, Sahabat Fillah? Apalagi kepada Allah…. tentu sangat tidak boleh! Mari perbaiki cara berdoa kita agar lebih maqbul. Lantas, bagaimana tata cara berdoa yang baik berdasarkan Al Quran dan hadits? Inilah diantaranya :
TATA CARA SHALAT GERHANA
TATA CARA SHALAT GERHANA

Sahabatku, bagi siapa saja yang melihat gerhana dengan mata telanjang, maka ia wajib melaksanakan shalat gerhana.
Rahasia di balik Wudhu
Rahasia di balik Wudhu

Wudhu merupakan aktivitas membersihkan diri dari segala jenis hadas kecil yang menempel di tubuh. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat seorang muslim. Dalam al qur’an, Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki." (QS Al-Maidah 6). Ada keutamaan jika seseorang terus menerus dalam keadaan suci atau berwudhu. Yaitu
4 tips penting bagi orangtua mendidik anak perempuan menjadi solehah
4 tips penting bagi orangtua mendidik anak perempuan menjadi solehah

Untuk itu, sejak anak memiliki kesadaran dan ilmu pengetahuan yang cukup orang tua harus mendidik anak-anaknya agar kelak menjadi istri yang shalehah dan memiliki kesadaran untuk membangun keluarga yang baik.
Produk Pilihan
Paket Muhammad Teladanku (MUTE)
Rp 4.850.000
Rp 3.880.000

Rekomendasi Blog
Ayah Siaga Menjelang Tidur
Selasa, 24 April 2018 22:34 WIB

Saat sore tiba, maka Ayah sungguh dinanti-nanti kepulangannya...