Seputar Islam Sygma Daya Insani

Tinggalkan hal yang Meragukan

Tinggalkan hal yang Meragukan

Oleh N_fha | Senin, 27 Agustus 2018 05:27 WIB | 20434 Views

Keyakinan tidak bisa di gugurkan dengan keraguan. Dan jika kita sedang ragu pastikan lah hingga kita merasa yakin. Lalu bagaimana ? “Tanyakan! Pastikan!” . kita bisa melakukan kedua nya untuk memastikan keraguan. Kuncinya bahwa setan akan membuat kita merasa ragu saat kita melakukan kebaikan.

Keyakinan tidak bisa di gugurkan dengan keraguan.  Dan jika kita sedang ragu pastikan lah hingga kita merasa yakin. Lalu bagaimana ? “Tanyakan! Pastikan!” . kita bisa melakukan kedua nya untuk memastikan keraguan. Kuncinya bahwa setan akan membuat kita merasa ragu saat kita melakukan kebaikan.

Ada beberapa kaidah yang berlaku untuk sesuatu yang belum jelas di pastikan.  Dan tanyakan kepada yang paham bahwa kita tidak mengerti persoalan tersebut. Dan apa yang pertama harus kita lakukan ketika kita merasa ragu ?

belajar bahwa keraguan identik dengan rasa takut. Takut menghadapi konsekuensi dan resiko dari pilihan kita. Apa jadinya kalau sesuatu yang kita lakukan itu salah?  Belum terjadi apa-apa sudah cemas. Bayangan-bayangan buruk lantas datang. Di sini kita perlu memaknai betul-betul arti tawakkal. Berserah diri pada-Nya semata. Keraguan datang dari syetan untuk menjauhkan kita dari rasa tawakkal. Keyakinan tidak ada yang bakal terjadi kecuali dengan ijin Allah. Kepasrahan dalam tingkat yang seutuhnya. Bahwa kita ini makhluk, hamba-Nya.                  
 

دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لَا يَرِيبُكَ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ ، وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ

“Tinggalkanlah apa yang membuatmu ragu dan peganglah apa yang tidak membuatmu ragu, karena sesungguhnya kejujuran itu membawa ketenangan dan sesungguhnya kedustaan itu membawa keragu-raguan.” (H.R. Tirmidzi: 2518)

Hadits ini juga merupakan isyarat agar kita menetapkan berbagai hukum dan menjalankan semua permasalahan dalam kehidupan atas dasar keyakinan dan bukan keragu-raguan. Sesuatu yang halal, kebenaran, dan kejujuran akan mendapatkan kedamaian dan keridhaan. Sedangkan sesuatu yang haram, kebatilan dan dusta akan melahirkan rasa gundah dan kebencian.

Jika kita dihadapkan pada pilihan yang mendatangkan sedikit maslahat tapi kelak mendatangkan kerusakan lebih besar, janganlah engkau ragu untuk diam.
Semoga, Allah ta’ala menganugerahkan kebijaksanaan dalam hati kaum muslimin. Aamiin!

Seputar Islam Lainnya
Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog