Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Amalan yang mengalir sampai liang kubur

Amalan yang mengalir sampai liang kubur

Setiap perbuatan hamba akan diperlihatkan oleh Allah balasannya, yang baik mendapat balasan kebaikan dan yang jelek mendapat balasan kejelekan. Ketaatan dan amal sholeh yang dilakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan akan membuahkan beberapa faedah dan keutamaan.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh (baik), maka Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang"
(QS. Maryam 96).

Maka oleh karena itu, waspadalah tehadap apa yang dapat menggugurkan keberkaha amal yang kita perbuat apalagi sampai hilang nilai pahalanya. Ada 3 perkara yang tidak akan putus pahalanya walaupun sudah meninggal, dianataranya : Ilmu agama yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan ortunya dan sedekah jariyah adalah di antara amalan yang bermanfaat bagi mayit walaupun ia sudah di alam kubur. Simak sajian singkat berikut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Faedah dari hadits di atas:
  • Pertama: Jika manusia itu mati, amalannya terputus. Dari sini menunjukkan bahwa seorang muslim hendaklah memperbanyak amalan sholeh sebelum ia meninggal dunia.
  • Kedua: Allah menjadikan hamba sebab sehingga setelah meninggal dunia sekali pun ia masih bisa mendapat pahala, inilah karunia Allah.
  • Ketiga: Amalan yang masih terus mengalir pahalanya walaupun setelah meninggal dunia, di antaranya:
  1. Sedekah jariyah, seperti membangun masjid, menggali sumur, mencetak buku yang bermanfaat serta berbagai macam wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah.
  2. lmu yang bermanfaat, yaitu ilmu syar’i (ilmu agama) yang ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus amalkan, atau ia menulis buku agama yang bermanfaat dan terus dimanfaatkan setelah ia meninggal dunia.
  3.  Anak yang sholeh karena anak sholeh itu hasil dari kerja keras orang tuanya. Oleh karena itu, Islam amat mendorong seseorang untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka dalam hal agama, sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh. Lalu anak tersebut menjadi sebab, yaitu ortunya masih mendapatkan pahala meskipun ortunya sudah meninggal dunia.
 
  • Keempat: Di antara kebaikan lainnya yang bermanfaat untuk mayit muslim setelah ia meninggal dunia yang diberikan orang yang masih hidup adalah do’a kebaikan yang tulus kepada si mayit tersebut. Do’a tersebut mencakup do’a rahmat, ampunan, meraih surga, selamat dari siksa neraka dan berbagai do’a kebaikan lainnya.
  • Kelima: Sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “atau anak sholeh yang mendo’akannya”, tidaklah dipahami bahwa do’a yang manfaat hanya dari anak saja. Bahkan do’a kebaikan orang lain untuk si mayit tersebut tetap bermanfaat insya Allah. Oleh karena itu, kaum muslimin disyari’atkan melakukan shalat jenazah terhadap mayit lalu mendo’akan mayit tersebut walaupun mayit itu bukan ayahnya.
  • Keenam: Dalam hadits terdapat isyarat adanya keutamaan menikah, juga terdapat dorongan untuk menikah dan memperbanyak keturunan supaya mendapatkan keturunan sholeh (sehingga bermanfaat nantinya ketika kita telah meninggal dunia, pen).
Sumber link








Seputar Islam Lainnya
Tinggalkan hal yang Meragukan
Tinggalkan hal yang Meragukan

Keyakinan tidak bisa di gugurkan dengan keraguan. Dan jika kita sedang ragu pastikan lah hingga kita merasa yakin. Lalu bagaimana ? “Tanyakan! Pastikan!” . kita bisa melakukan kedua nya untuk memastikan keraguan. Kuncinya bahwa setan akan membuat kita merasa ragu saat kita melakukan kebaikan.
3 Manfaat Utama berdzikir
3 Manfaat Utama berdzikir

Apabila seorang Muslim sampai pada derajat suka berdikir, maka ia tidak akan melakukan erbuatan lain selain dzikir kepada Allah Ta’ala. Sesuatu yang selain Allah adalah sesuatu yang pasti meninggalkannya saat kematian menjemput. Nah, di sinilah urgensi mengapa setiap jiwa sangat membutuhkan amalan dzikir. Dengan demikian, apa saja manfaat utama dari amalan yang sampai dibahas secara khusus oleh Imam Ghazali ini?
Keutamaan dan Hikmah BerQurban
Keutamaan dan Hikmah BerQurban

Dalam bahasa Arab, binatang kurban disebut “Udh-hiyah” atau “Dhahiyyah”. Sayyid Sabiq menjelaskan: اَلْأُضْحِيَةُ وَالضَّحِيَّةُ اِسْمٌ لِمَا يُذْبَحُ مِنَ الْإِبِلِ وَالْبَقَرِ وَالْغَنَمِ يَوْمَ النَّحْرِ وَأَيَّامَ التَّشْرِيْقِ تَقَرُّبًا إِلَى اللهِ تَعَالَى “Udh-hiyah dan dhahiyyah adalah nama untuk binatang yang disembelih berupa unta, sapi dan kambing, pada hari nahr dan hari-hari tasyriq, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah”. Hari nahr adalah hari raya idul adha tanggal 10 Zulhijah. Sedangkan hari-hari tasyriq adalah tanggal 11, 12,13 Zulhijah. Disebut hari nahr karena mulai hari itu diperintahkan menyembelih hewan kurban. Dari pengertian di atas, maka ibadah kurban adalah menyembelih binatang kurban sebagai salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah. Dasar Syariat Qurban Ini yang harus kita pastikan terlebih dahulu sebelum melaksanakan suatu amal ibadah. Yaitu adakah landasan syar’inya? Landasan syar’i bisa berupa ayat Alquran dan hadits, atau dalil-dalil yang bersumber dari keduanya seperti ijma’ dan qiyas. Landasan syar’i perlu dipastikan adanya agar kita tidak termasuk orang yang mengada-ada amal ibadah yang tidak ada dasarnya.
Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat
Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat

Al Fatihah adalah bacaan shalat yang amat dahsyat. Dalam fiqih tuntunan shalat, Al Fatihah merupakan bacaan shalat yang bersifat rukun. Teristimewa, Allah akan menjawab pada setiap ayat yang kita baca. Luar biasa, bukan…? firman Allah dalam hadits qudsi, Nabi SAW bersabda, “Allah SWT berfirman: Shalat itu Kubagi dua antara Aku dan hamba-Ku. Untuk hamba-Ku ialah apa yang dimintanya.
Produk Pilihan
Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST
Rp 2.495.000
Rp 1.846.000

Rekomendasi Blog
Dialog Iman dengan Anak
Jum'at, 29 Juni 2018 17:57 WIB

Mah, Allah ada dimana siy? Kalo Allah ada di langit, kenapa rumah Allah (Ka'bah) ada di bumi ? Pak, gimana caranya biar kita bisa "ngobrol" sama Allah ? Kata Bapak, kalo kita berdoa, maka Allah akan menolong kita. Bagaimana cara Allah menolong kita Pak? Memangnya Allah punya tangan ? . . . Adakah di antara Ayah dan Bunda mendapatkan pertanyaan2 seperti ini atau bahkan yg lebih susah dari itu dari ananda? Kalo saya, pernah dan sering. Beberapa pertanyaan di atas adalah pertanyaan2 yg pernah diajukan oleh anak saya, Naya (4 tahun). . . Ketika mereka bertanya dg soalan yg sulit ini lalu apa yg akan kita lakukan? A. Cari di google B. Garuk2 tembok C. Pura2 sibuk D. Diam dan berharap anak lupa E. Menjawab asal2an saja . . Saya yakin kita semua berharap bisa menjawab pertanyaan2 buah hati kita yg sedang tumbuh dan berkembang ini dengan jawaban yang benar, tepat dan cepat. Kalo nunggu google kadang lama dan mbingungin 😁 . . Masalahnya, terkadang pengetahuan kita tentang rukun iman (dan rukun islam) tidak cukup mendalam. Selama ini, yang kita pelajari selama sekolah banyak sepintas lalu atau hilang kita lupakan begitu saja. Soalnya, pelajaran tentang Aqidah ini kadang mbikin kening kita berkerut karena susah difahami dan disampaikan secara membosankan dan atau hanya secara dogmatis saja. Padahal, iman itu berada di dalam hati, dan iman yg kuat salah satunya bersumber dari ilmu dan pemahaman yg benar. Lalu bagaimana solusinya ??? . . . Solusinya adalah *BELAJAR* lagi tentang rukun iman dan rukun islam. Salah satunya bisa dengan membaca Buku Pintar Iman dan Islam dari penerbit Sygma ini. Bukunya dikemas dengan sederhana, padat tapi ringan dan menyenangkan. Ada ilustrasi2 yg menambah daya tarik membaca. Ada pula kisah2 penguat yg bisa menjadi bahan kita bercerita. Dalilnya kuat dan shohih ? Yups. Insya Allah buku ini ditulis berdasarkan rujukan Al Quran dan Hadits serta berbagai kitab dari para ulama salafus sholeh. . . Segera miliki buku ini sekarang juga. Dapatkan penawaran menarik berupa diskon dan hadiah tas sekolah* untuk ananda tercinta (*selama persediaan masih ada). Buat yg belum menikah atau belum punya anak gimana ? Beli sekarang juga.. Karena yg butuh belajar iman dan islam sejatinya bukan anak2, tapi kita orang dewasa. Info silahkan hubungi saya Tasya (08111435620)