Seputar Islam Sygma Daya Insani

Manfaat Jus Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat Jus Kurma untuk Ibu Hamil

Oleh Azar | Jum'at, 17 Juni 2016 07:57 WIB | 142941 Views

Dalam Islam Bunda yang menyusui tidak diwajibkan untuk berpuasa. Bunda yang khawatir terhadap anaknya, silahkan berbuka dan memberi makan kepada orang miskin. Tapi ada juga Bunda yang merasa kuat untuk berpuasa, maka tidak mengapa ikut berpuasa. Tapi Bunda pastikan usupan nutrisinya tercukupi. Salah satu hal yang dapat Bunda lakukan adalah dengan mengkonsumsi Jus Kurma Susu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya ada di antara pepohonan, satu pohon yang tidak gugur daunnya. Pohon ini seperti seorang muslim, maka sebutkanlah kepadaku apa pohon tersebut?” Lalu orang menerka-nerka pepohonan wadhi. Abdullah Berkata: “Lalu terbesit dalam diriku, pohon itu adalah pohon kurma, namun aku malu mengungkapkannya.” Kemudian mereka berkata: “Wahai Rasulullah beri tahukanlah kami pohon apa itu?” Lalu beliau menjawab: “ia adalah pohon kurma.”
 
Dalam Islam Bunda yang menyusui tidak diwajibkan untuk berpuasa. Bunda yang khawatir terhadap anaknya, silahkan berbuka dan  memberi makan kepada orang miskin. Tapi ada juga Bunda yang merasa kuat untuk berpuasa, maka tidak mengapa ikut berpuasa. Tapi Bunda pastikan usupan nutrisinya tercukupi. Salah satu hal yang dapat Bunda lakukan adalah dengan mengkonsumsi Jus Kurma Susu.
 
Bunda Dwi adalah salah satu Bunda yang ikut berpuasa di Bulan Ramadhan, beliau mengatakan bahwa kurma ini bagus untuk meningkatkan energi dan memperlancar ASI ketika puasa. Semenjak minum jus kurma susu, beliau tidak merasa lemas yang berlebihan dan asinya pun deras padahal anakmya kuat minum susunya.
 
Cara membuat jus kurma adalah
 
Bahan :
- 7 butir kurma, buang bijinya (untuk 1 porsi)
- Air mineral secukupnya
- Susu UHT/pasteurisasi secukupnya (bisa juga susu kambing)
- Tidak dianjurkan memakai susu bubuk atau susu kental manis
 
Caranya:
- Rendam kurma yang sudah dibuang bijinya di dalam air mineral hingga menutupi permukaan kurma yang paling atas selama 1 malam (dari waktu Isya sampe waktu Sahur). Saya rendamnya di dalam kulkas biar dingin. Kalau mau disajikan hangat juga tak masalah.
- Ketika waktu sahur, tuang kurma yang sudah di rendam beserta air rendamannya. Tambahkan susu UHT secukupnya.
- Blender semuanya hingga halus.
- Minum setelah makan sahur.
Selamat mencoba Bunda :)

Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog