Seputar Islam Sygma Daya Insani

Keutamaan Puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal

Oleh Azar | Jum'at, 15 Juli 2016 08:02 WIB | 43689 Views

Ayah Bunda, Ramadhan telah berlalu. Semoga amalan kita diteirma oleh Allah. Kini kita berada di Bulan Syawal , salah satu amal sunnah di bulan Syawal adalah puasa syawal. Puasa selama enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan

Keutamaan Puasa Syawal

Ayah Bunda, Ramadhan telah berlalu. Semoga amalan kita diteirma oleh Allah. Kini kita berada di Bulan Syawal , salah satu amal sunnah di bulan Syawal adalah puasa syawal. Puasa selama enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan dalam beberapa hadits shahih sebagai berikut:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun” (HR. Muslim)
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصَوْمِ الدَّهْرِ
“Barangsiapa berpuasa Ramadhan, lalu mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, ia seperti puasa setahun” (HR. Ibnu Majah, shahih)
مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ
“Barangsiapa berpuasa enam hari setelah Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh” (HR. Ibnu Majah, shahih)
Bulan Syawal tinggal beberapa hari lagi. Mari Ayah, Bunda kita berlomba-lomba menjalankan Puasa Syawal dengan niat karena Allah.
 
(Azar)

Seputar Islam Lainnya
Produk Pilihan

Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM).

Detail
Rekomondasi Blog