Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Romantisme Rasulullah kepada Istri

Romantisme Rasulullah kepada Istri

Ayah Bunda, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam  adalah teladan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam rumah tangga. Apa sajakah yang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam  lakukan untuk membahagiakan istrinya? Mari kita simak pembahasan beberapa hadits berikut ini:

1. Rasulullah SAW Suka Berbincang-Bincang Dengan Istrinya Di Malam Hari
 “Adalah dahulu Nabi Shallallahu Alaihi Wassallam jika berkumpul bersama Aisyah Radhiallahu anhaa di malam hari maka Rasulullah berbincang-bincang dengan putri Abu Bakar Radhiallahu anhumma” (HR Bukhari)

2. Rasulullah SAW Suka Membantu Pekerjaan Rumah Tangga
 “Aisyah binti Abu Bakar Radhiallahu anhumma pernah ditanya oleh salah seorang sahabat. "Apakah yang Nabi lakukan ketika berada di rumah bersama istri-nya?" "Dahulu Nabi biasa membantu pekerjaan rumah keluarganya". tutur Aisyah Radhiallahu anhaa” (HR Bukhari)

3. RasulullahSAW Menyatakan Rasa Cinta Pada Istri Secara Verbal
Nabi Shallallahu Alaihi Wassallam pernah bertutur: "Aku diberi rizki berupa rasa cinta kepada istriku" (HR Muslim)
Hadits ini memberi anjuran untuk menyatakan cinta kepada istri. Menampakkan dan menyatakan rasa cinta kepada istri adalah di antara cara merekatkan hubungan cinta kasih antar lelaki dan wanita yang diikat dalam bingkai pernikahan

baca juga: Ringkasan Sejarah Khadijah binti Khuwalid

4. Rasulullah SAW Tidak Pernah Membenci Istrinya
Nabi shallahu alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah seorang mukmin benci kepada seorang wanita mukminah (istrinya), jika ia membenci  sebuah sikap (akhlak) istrinya maka ia akan ridho dengan sikapnya (akhlaknya) yang lain” (HR Muslim)

Berkata An-Nawawi, “Yang benar adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam  melarang, yaitu hendaknya dia tidak membencinya karena jika mendapati sikap (akhlak) yang dibencinya pada istrinya maka ia akan mendapati sikapnya yang lain yang ia ridhai. Misalnya wataknya keras namun ia wanita yang taat beribadah, atau cantik, atau menjaga diri, atau lembut kepadanya, atau (kelebihan-kelebihan) yang lainnya”

5. Rasulullah SAW Tidak Pernah Memukul Istrinya
 “Aisyah Radhiallahu anhaa pernah bertutur: Suamiku tidak pernah memukul* istrinya meskipun hanya sekali” (HR Nasa'i)

*pukulan yang menciderai atau pukulan di wajah. Adapun apabila seorang istri melakukan pembangkangan kepada suami, maka diperbolehkan memukulnya dengan pukulan yang tidak menyebabkan cedera dan tidak pula mengenai di muka. Allahu a'lam

6. Rasulullah SAW Menghibur Kesedihan Istri
 “Suatu saat Shafiyah safar bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam, saat itu adalah hari gilirannya. Dia ketinggalan (rombongan) karena untanya berjalan lambat,lalu menangis. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam datang mengusapkan air mata dengan kedua tangannya kemudian berusaha membuat Shafiyah berhenti menangis” (HR Nasa'i)

Demikianlah beberapa ulasan hadits mengenai cara Rasulullah membahagiakan istrinya, semoga bermanfaat untuk mewujudkan rumah tangga yang penuh cinta kasih.

Sumber: majalah ummi
 








Seputar Islam Lainnya
Beginilah Cara Nabi Menolak Masakan Istri
Beginilah Cara Nabi Menolak Masakan Istri

Sebagai kepala keluarga, seorang suami terkadang suka semena-mena melecehkan masakan istri tanpa tahu bagaimana repotnya memasak dan menyiapkan menu hidangan setiap hari. Nah tindakan tersebut,sangatlah tidak terpuji menurut islam. Karena teladan kita Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam semasa hidupnya sama sekali tidak pernah mencela masakan demi menghargai orang yang memasaknya. Jika beliau kurang berselera terhadap masakah istri maka beliau ungkapkan hal itu dengan menolak secara halus.
Bahaya Memakan Harta Haram
Bahaya Memakan Harta Haram

Ayah Bunda, harta serta makanan yang berasal dari harta haram akan berdampak pada anak-anak serta keluarga besar kita. Untuk itu baiknya kita menjaga kehalalan harta dan makanan kita. Ini adalah dahsyatnya bahaya memakan harta haram.
Doa Minta Kaya dan Lunas Hutang Sesuai Sunnah
Doa Minta Kaya dan Lunas Hutang Sesuai Sunnah

Ayah Bunda, beberapa do’a berikut bisa diamalkan dan bermanfaat. Berisi permintaan kaya dan lepas dari utang. Namun tentu saja kaya yang penuh berkah, bukan sekedar perbanyak harta. Apalagi hakekat kaya adalah diri yang selalu merasa cukup.
7 Penangkal Sihir yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW
7 Penangkal Sihir yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW

Allah menciptakan berbagai jenis makhluk, ada yang nyata dan ghaib. Kita tidak bisa memungkiri bahwa adanya alam ghaib di dunia ini. Tidak boleh juga seorang Muslim meminta bantuan kepada makhluk gaib. Biasanya manusia meminta bantuan dalam hal santet, pengen kaya, penyembuhan berbagai penyakit, dan lain lain. Untuk mencegah sihir-sihir, ini yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam:
Produk Pilihan
Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM)
Rp 2.850.000
Rp 1.655.280

Rekomendasi Blog
Asyiknya berkisah
Selasa, 24 April 2018 22:44 WIB

Asyiknya Berkisah