Tips Menarik Sygma Daya Insani

Hindari Penyakit Kronis dengan Makan Makanan Berserat

Hindari Penyakit Kronis dengan Makan Makanan Berserat

Oleh administrator | Senin, 19 Desember 2016 03:46 WIB | 95817 Views

Bunda, salah satu makanan yang penting bagi tubuh adalah serat. Bunda perlu memastikan asupan serat yang masuk ke dalam tubuh sudah terpenuhi. Ada banyak manfaat serat bagi tubuh yang mungkin tidak Bunda ketahui. Siapa sangka ternyata serat dapat mencegah penyakit kronis. Hal tersebut dikatakan oleh Dr. Stella Bela, Mgizi, SpGK pada diskusi Forum Ngobras dengan tema ???Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis??? di Jakarta.

Bunda, salah satu makanan yang penting bagi tubuh adalah serat. Bunda perlu memastikan asupan serat yang masuk ke dalam tubuh sudah terpenuhi. Ada banyak manfaat serat bagi tubuh yang mungkin tidak Bunda ketahui. Siapa sangka ternyata serat dapat mencegah penyakit kronis. Hal tersebut dikatakan oleh Dr. Stella Bela, Mgizi, SpGK pada diskusi Forum Ngobras dengan tema ‘Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis’ di Jakarta.

 

1.Lebih cepat membuat kenyang dan lapar lebih lama

Serat sendiri memang erat hubungannya dengan sistem pencernaan. “Makanan tidak sehat jika masuk ke dalam tubuh akan lebih cepat sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih susah kenyang,” ujarnya. Sebaliknya jika Bunda mengonsumsi makanan tinggi serat, kandungan serat akan memperlambat masuknya makanan sehingga jadi mudah kenyang dan susah lapar. Tidak bisa mengontrol asupan makanan akan membuat meningkatkan risiko obesitas. Tentu saja obesitas akan meningkatkan terjadinya penyakit kronis.

 

2.Membantu mengikat kolesterol

Makanan ketika masuk ke dalam tubuh akan diolah dan dihancurkan. Setelah hancur hingga seperti susu kental, makanan akan masuk ke dalam usus halus. Dalam usus halus itu lah tubuh akan menyerap makanan yang kita konsumsi. Kalau tidak ada serat, usus halus akan menyerap seluruh makanan termasuk lemak dan kolesterol. “Serat berfungsi menjaga kolesterol agar tidak diserap oleh usus halus sehingga langsung menuju usus besar untuk pembuangan,” ujar dr. Stella. Hal ini membuat serat berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

 

3.Memperlancar sistem pencernaan

Sistem pencernaan sangat penting untuk kesehatan seluruh tubuh. Pastikan Bunda mendapatkan sistem pencernaan yang lancar. Buang air besar setiap hari menjadi salah satu indikator kesehatan dalam pencernaan. Sistem pencernaan yang tidak lancar akan berpotensi merusak metabolisme tubuh dan berujung pada kerusakan pada sel-sel.

 

4.Kadar gula stabil

Manfaat serat bagi tubuh juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan akan membantu mengurangi kecepatan penyebaran gula dalam darah. Gula darah yang normal tentu akan membantu Bunda terbebas dari berbagai penyakit kronis serta dapat membuat emosi Bunda jauh lebih stabil.

Tips Menarik Lainnya
Produk Pilihan

Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM).

Detail
Rekomondasi Blog