Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Idola Anak Menentukan Kepribadian Anak, Peran Ayah Bunda Sangat Dibutuhkan Agar Tidak Menyesal Kemudian

Idola Anak Menentukan Kepribadian Anak, Peran Ayah Bunda Sangat Dibutuhkan Agar Tidak Menyesal Kemudian

Ayah Bunda  kita tidak bisa memaksa anak untuk mengindolakan seseorang, tapi kita bisa mengarahkan anak agar mengindolakan yang kita mau. Selain bisa memberi dorongan positif, tokoh idola juga bisa memberi dorongan negatf. Oleh karena itu Ayah Bunda perlu memberi arahan yang benar terhadap pengidolaan si kecil.

Tentu kita masih ingat kejadian miris beberapa waktu lalu. Yaitu soal kecelakaan pada beberapa anak yang meninggal karena di smackdown temannya. Kejadian ini merupakan contoh dampak negatif pengidolaan anak pada tokoh atau tayangan media tertentu.

Kecintaan seorang anak kepada tokoh idola, klub idola, mereka buktikan dengan memasang poster-poster dalam kamar, mengumpulkan gelas, handuk, dan apapun yang berlambang tokoh idola mereka. Namun bukan hanya mengidolakan sang tokoh sebagai sosok belaka, anak ternyata menyerap pemikiran, perkataan bahkan perilaku sang idola, kemudian menduplikasikannya pada diri mereka sendiri.

Sebelum mengevaluasi anak, ingatlah bahwa siapa yang menjadi idola anak sangat tergantung dari promosi lingkungan yang diterima anak. Ada yang mempromosikan yaitu media, kita sebagai Ayah Bunda jangan-jangan lupa mempromosikan tokoh-tokoh yang sangat layak diidolakan seperti Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, para sahabat, pejuang islam bahkan pahlawan.

Menurut Sri Lintang RA, seorang psikolog, bahwa bertambahnya usia,  anak akan mampu belajar menentukan pilihannya lewat temuannya sendiri, seperti membaca, melihat atau mendengar.

Seorang anak mengidolakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dari membaca buku. Apalagi jika diperkuat seringnya mendengar paparan kehidupan Rasulullah melalui cerita Ayah Bunda atau guru. Jadi saat menemukan anak sedang tergila-tergila pada tokoh idola seperti klub olahraga, artis dll, cobalah berkomunikasi lebih intens dengan anak. Tanyakan mengapa Andi mengagumi pesepakbola asal Inggris MU, Rio Ferdinand?

Ajaklah berdialog, ternyata Andi mengagumi Rio karena teknik bermain bolanya. Apabila anak sampai membeli sticker, gambar dan lainnya secara berlebihan, maka katakan padanya lebih baik uangnya ditabung. Keberadaan idola bisa menjadi motivator bagi anak. Tugas Ayah Bunda untuk “memancing” anak mencari kelebihan yang ia miliki.

Jelaslah peran Ayah Bunda dalam memberikan arahan yang layak menjadi idola kepada anak sangat penting. Siapa yang menjadi tokoh idola anak akan mempengaruhi arah cita-citanya. Jangan sampai kita lupa mempromosikan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, para sahabat dan pejuang islam lainnya. Karena merekalah yang harus menjadi inspirasi dan idola anak-anak islam yang sesungguhnya.

 








Tips Menarik Lainnya
7 Cara Memilih Beras Agar Terhindar dari Beras Campuran
7 Cara Memilih Beras Agar Terhindar dari Beras Campuran

Ayah Bunda, dirumah menggunakan beras tipe apa? Apakah tipe beras yang dibeli adalah beras campuran? Akhir akhir ini kita di hebohkan dengan kualitas beras yang baik untuk di konsumsi. Beras yang bagus dengan harga tinggi biasanya di konsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Tapi apa yang menengah kebawah berarti memiliki kualitas rendah? Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memilih beras yang baik supaya terhindar dari beras campuran.
11 Tips Traveling Bareng Anak dengan Transportasi Umum
11 Tips Traveling Bareng Anak dengan Transportasi Umum

Tips dari Mima untuk yang mau travelling bersama bocils (anak lebih dari 1) dengan transportasi umum: 1. Pisahkan baju yang akan dipakai nanti saat sampai dengan baju ganti selama di jalan. Mima biasanya pake diaper bag model ransel yang beli di Mimahiroshop Jakarta. Trus tissue basah selalu d bagian paling luar.
6 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang
6 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Libur lebaran adalah momen yang tepat bagi para pekerja untuk melepaskan penat. Apalagi libur lebaran yang tidak lama ini, akan sangat dimanfaatkan bagi para pekerja. Banyak cara untuk memanfaatkan waktu libur, ada yang berekreasi bersama keluarga atau teman, menghabiskan waktu di rumah, atau sekedar berjalan jalan santai dan menonton film. Waktu liburan yang singkat ini sering kali memanjakan diri sehingga butuh booster untuk mengembalikan semangat kerja. Berikut akan kita ulas mengenai tips mengembalikan semangat bekerja setelah libur.
5 Cara Mencuci Muka Agar Tetap Awet Muda
5 Cara Mencuci Muka Agar Tetap Awet Muda

Ayah Bunda, mencuci wajah adalah aktivitas yang paling sering dilakukan dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Disamping itu, mencuci wajah adalah langkah perawatan kulit paling dasar yang dilakukan hampir semua orang, terutama wanita. ‎Bahkan tak jarang, sabun berkualitas pun dipilih untuk digunakan dengan harapan agar kotoran dan debu yang menempel pada wajah dapat bersih maksimal.
Produk Pilihan
Muhamad Teladanku & BBM
Rp 6.825.000
Rp 5.118.750

Rekomendasi Blog
Saling Memaafkan Sebelum Tiba Bulan Ramadhan, Haruskah?
Kamis, 30 Maret 2017 09:47 WIB

Ayah Bunda,kali ini akan kita bahas mengenai sebuah tradisi yang banyak dilestarikan oleh masyarakat yaitu bermaaf maafan sebelum Ramadhan. Apakah hadist itu benar? Yuk kita pelajari!