Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Ingin Tubuh Lebih Sehat? Ikuti 2 Cara Makan Sesuai Sunnah Rasulullaah

Ingin Tubuh Lebih Sehat? Ikuti 2 Cara Makan Sesuai Sunnah Rasulullaah

Ayah Bunda, siapa yang tak mau kepribadian seperti Rasulullah. Rasulullah merupakan suri tauladan bagi umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Apapun  yang beliau lakukan atau perintahkan senantiasa membawa kebaikan. Dari urusan yang besar, hingga persoalan ringan terkait keseharian. Berikut adalah cara makan ala Rasulullah
 
1. Hendaklah  Memulail Dari Bagian Pinggir Piring
 
Diantara yang terkait urusan keseharian itu ialah mengenai adab makan yang diperintahkan oleh Rasulullah. Beliau memerintahkan agar saat makan,
Dalam kitab Fiqhunnisa karya Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah, disebutkan, dari Ibnu Abbas, Nabi  pernah berkata,
 
“Berkah itu turun pada bagian tengah makanan, karenanya makanlah dari tepi wadah makanan tersebut dan jangan mengambil dari tengahnya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
 
Dari Abdullah bin Busrin, dia menceritakan, “Nabi mempunyai wadah besar yang disebut Al-Gharra, yang dibawa oleh empat orang. Ketika mereka berada pada pagi hari, mereka disuguhi wadah besar itu -yang telah berisi bubur-  dan mereka pun berkumpul mengelilingi wadah tersebut. Setelah jumlah mereka banyak, maka Rasulullah duduk berlutut. Lalu seorang badui berucap, ‘Duduk macam apa itu?’ Maka Nabi menjawab, ‘Sesungguhnya Allah telah menjadikan aku hamba yang mulia, dan Dia tidak menjadikan aku sebagai hamba yang sombong lagi kasar.’ Selanjutnya beliau bersabda, ‘Makanlah dari tepi wadah tersebut dan jangan mengambil dari tengahnya, niscaya akan diberikan berkah padanya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).
 
 2. Mengawali Dengan Membaca Basmalah Dan Mengakhirinya Dengan Hamdalah
 
Selain daripada itu hal utama yang harus kita lakukan ketika makan, adalah senantiasa mengawali dengan membaca basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah.
 
Dari Umar bin Abi Salamah, dia menceritakan, Rasulullah pernah bersabda,
“Bacalah Nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang ada di dekatmu.” (Muttafaqun Alaih)
 
Dari Aisyah dia menceritakan, Rasulullah bersabda ,
“Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaklah dia membaca basmalah pada permulaannya. Dan apabila dia lupa membacanya, maka hendaklah dia membaca ‘Bismillahi ‘alaa awaalihi wa akhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).”
 
Sudah sepatutnya sebagai umat Rasulullah, kita meneladani apa yang menjadi sunah Beliau SAW agar mendapatkan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat.

(Yunita Nurwidiya)

Sumber: suara islam
 








Tips Menarik Lainnya
Boleh Mengkonsumsi Pil Penghambat Haid, Tapi Harus Siap Dengan Resikonya
Boleh Mengkonsumsi Pil Penghambat Haid, Tapi Harus Siap Dengan Resikonya

Ayah Bunda, ibadah haji telah datang. Berbagai kabilah berdatangan untuk mendatangi Mekkah dan Madiah, dua kota suci. Untuk memperlancar ibadah Haji, biasanya wanita menggunakan pil untuk menghambat menstruasi.Dengan berbagai pertimbangan baik medis dan syariat, kami lebih berpendapat agar jamaah haji wanita muslimah selama 30 hari atau lebih beribadah haji, sebaiknya tidak menggunakan pil pencegah haid dengan beberapa pertimbangan:
Idola Anak Menentukan Kepribadian Anak, Peran Ayah Bunda Sangat Dibutuhkan Agar Tidak Menyesal Kemudian
Idola Anak Menentukan Kepribadian Anak, Peran Ayah Bunda Sangat Dibutuhkan Agar Tidak Menyesal Kemudian

Ayah Bunda kita tidak bisa memaksa anak untuk mengindolakan seseorang, tapi kita bisa mengarahkan anak agar mengindolakan yang kita mau. Selain bisa memberi dorongan positif, tokoh idola juga bisa memberi dorongan negatf. Oleh karena itu Ayah Bunda perlu memberi arahan yang benar terhadap pengidolaan si kecil.
7 Cara Memilih Beras Agar Terhindar dari Beras Campuran
7 Cara Memilih Beras Agar Terhindar dari Beras Campuran

Ayah Bunda, dirumah menggunakan beras tipe apa? Apakah tipe beras yang dibeli adalah beras campuran? Akhir akhir ini kita di hebohkan dengan kualitas beras yang baik untuk di konsumsi. Beras yang bagus dengan harga tinggi biasanya di konsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Tapi apa yang menengah kebawah berarti memiliki kualitas rendah? Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memilih beras yang baik supaya terhindar dari beras campuran.
11 Tips Traveling Bareng Anak dengan Transportasi Umum
11 Tips Traveling Bareng Anak dengan Transportasi Umum

Tips dari Mima untuk yang mau travelling bersama bocils (anak lebih dari 1) dengan transportasi umum: 1. Pisahkan baju yang akan dipakai nanti saat sampai dengan baju ganti selama di jalan. Mima biasanya pake diaper bag model ransel yang beli di Mimahiroshop Jakarta. Trus tissue basah selalu d bagian paling luar.
Produk Pilihan
Karakter Anak Islam
Rp 1.850.000
Rp 1.480.000

Rekomendasi Blog
Mendidik Anak seperti Lukmanul Hakim
Selasa, 22 Oktober 2013 07:12 WIB

sygmadayainsani.co.id - Mendidik Anak seperti Lukmanul Hakim - Setiap anak dilahirkan dalam kondisi suci. Ia bagaikan kertas putih yang siap diberi coretan apapun. Coretan inilah yang kemudian melekat dan selalu dibawa dalam kehidupan mereka. Coretan-coretan tersebut akan mewarnai setiap anak saat