Tips Menarik Sygma Daya Insani

Membangun Karakter Sukses Anak

Membangun Karakter Sukses Anak

Oleh Muhammad Bachtiyar | Senin, 12 Maret 2018 13:50 WIB | 4494 Views

Semua orang tua ingin anaknya sukses di masa depan mereka. Untuk bisa sukses tentu saja dibutuhkan karakter yang dapat menunjang tercapainya kesuksesan tersebut. Sejak awal, setiap anak sudah dibekali dengan potensi memiliki karakter karakter unggul yang akan membawa kita menuju kesuksesan. Hanya saja terkadang kita gagal menemukan cara untuk membangun dan mengoptimalkannya. Salah satu sebabnya adalah kita tidak memiliki kebiasaan yang dapat membangun karakter sukses kita. Lalu bagaimana cara untuk membangun karakter sukses tersebut ?

Semua orang ingin sukses. Pasti. Tak ada yang dapat memungkirinya. Maka tak heran bila buku-buku yang membahas tentang kiat sukses atau succes story perjalanan hidup orang orang sukses akan laris di pasaran. Seminar dan pelatihan kiat sukses pun selalu membludak pesertanya. 

Lalu sebenarnya apa yang membuat seseorang bisa meraih sukses ?

Awalnya banyak orang menduga kesuksesan ditentukan oleh kecerdasan plus kerja keras. Dahulu, ketika pengetahuan tentang aneka jenis keceradasan yang dimiliki manusia belum banyak berkembang, kecerdasan intelektual (IQ) yang selalu dibanggakan. Lalu kemudian berkembang lagi dengan istilah kecerdasan emosional (EQ) dan selanjutnya dikenal pula kecerdasan spiritual (SQ). Kini, berbagai teori tentang kecerdasan manusi terus berkembang semakin banyak tipe2 kecerdasan yang ditemukenali dan diidinetifikasi, maka muncullah istilah kecerdasan majemuk (multiple intelligent). 

Beriring dengan semakin banyaknya tipe kecerdasan yang ditemukan, ditemukan pula sebuah kesimpulan baru. Bahwa kesuksesan lebih banyak ditentukan oleh karakter yang dimiliki oleh seseorang.  Kabar baiknya, karakter yang dibutuhkan untuk sukses ini sebenarnya ada pada masing masing diri kita. Untuk sukses dibutuhkan kepercayaan diri, kejujuran, kemandirian, tanggung jawab dan berbagai karakter lainnya yang sudah Allah tanamka fitrahnya kepada setiap diri kita. 

Sejak awal, kita sudah dibekali dengan potensi memiliki karakter karakter unggul yang akan membawa kita menuju kesuksesan.  Hanya saja terkadang kita gagal menemukan cara untuk membangun dan mengoptimalkanya. Salah satu sebabnya adalah kita tidak memiliki kebiasaan yang dapat membangun karakter sukses kita. Dan kebiasaan itu berawal dari pembiasaan yang seyogyanya dilakukan sejak sedini mungkin. 

Kini, saatnya bagi kita untuk dapat membiasakan penanaman karakter ini untuk buah hati kita. Semakin awal kita membiasakan penanaman karakter, maka akan semakin lekatlah karakter tersebut pada anak anak kita. Akan terbawa hingga mereka tumbuh dewasa dan siap menghadapi tantangan hidup mereka.

Masalahnya,  menanamkan karakter bukanlah seperti pelajaran lain yang bisa diajarkan dan dihafalkan. Kita sebagai orang tua membutuhkan effort yang lebih besar. Kita perlu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya potensi karakter mulia yang dimiliki anak anak kita. Dua cara yang paling  mujarab untuk itu adalah melalui keteladanan dan pengajaran dengan metode berkisah. 

Ada apa dengan metode berkisah ?

Metode berkisah dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk belajar bersama ananda. Kisah kisah keteladanan dapat disampaikan sebagai sebuah pelajaran yang tak terasa menggurui. Bahkan dapat disampaikan dengan metode yang menyenangkan dan penuh keceriaan. Dengan cara itu kisah – kisah tersebut akan menjadi sebuah kenangan yang dapat disimpan dalam jangka waktu lama oleh anak anak kita.

Jika ayah dan bunda kesulitan dalam mencari kisah kisah yang dapat digunakan sebagai sarana menanamkan karakter pada ananda, maka Sygma Daya Insani menghadirkan jawabannya. Aneka buku yang kami terbitkan memang dihadirkan untuk dapat menjadi teman ayah dan bunda belajar bersama ananda di rumah.

Mengenalkan kisah keteladanan para Insan pilihan Allah SWT sembari menuntun ananda untuk dapat mencontoh karakter mereka. Pilihan kata yang disusun dalam setiap kalimatnya pun langsung ditujukan mengajak ananda untuk dapat berdialog. Memudahkan bagi ayah dan bunda membangun ikatan yang kuat dengan ananda. Dalam setiap halamannya, gambar dan ilustrasi yang dihadirkan akan mengajak ananda mengembarakan imajinasi mereka agar dapat meresapi setiap jenak kehidupan para tokoh teladan pembangun jiwa.

Ayah dan Bunda, mari membangun karakter sukses ananda sejak dini bersama Sygma 

Produk Pilihan

Paket Muhammad Teladanku (MUTE).

Detail
Rekomondasi Blog