Tips Menarik Sygma Daya Insani

BAGAIMANA CARANYA MEMILIKI WEBSITE YANG MEMBUAT PENGUNJUNGNYA KECANDUAN

BAGAIMANA CARANYA MEMILIKI WEBSITE YANG MEMBUAT PENGUNJUNGNYA KECANDUAN

Oleh diana fitri mahardani | Selasa, 20 Maret 2018 08:56 WIB | 2577 Views

Jamak kita ketahui bahwa pasar on line saat ini terus bertumbuh. Dan di tahun 2018 ini, sektor ini masih menjadi primadona.

BAGAIMANA CARANYA MEMILIKI WEBSITE YANG MEMBUAT PENGUNJUNGNYA KECANDUAN

Jamak kita ketahui bahwa pasar on line saat ini terus bertumbuh. Dan di tahun 2018 ini, sektor ini masih menjadi primadona. Sehingga kita semua termasuk para mompreuneur mau tidak mau, bisa tidak bisa dituntut untuk menguasai sektor ini. Sepertinya tidak ada kesempatan lagi bagi kita mengatakan, “Aduh aku mah gaptek”. “Aduh mana mungkin aku bisa?” Kalau kita tidak mau tergerus oleh perkembangan zaman, maka kita harus mau untuk terus belajar bab perdagangan di dunia online.

Nah Mom, salah satu ilmu yang perlu kita pelajari agar banyak yang mampir di toko online kita, adalah SEO. Sudah tidak asing lagi kan dengan istilah SEO? :).

SEO atau Search Engine Optimazion adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking.

Dengan mempraktikkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Mengapa SEO penting untuk website?

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%, dimana peringkat pertama mendapatkan lebih dari 20% sendiri.

Inilah mengapa SEO penting untuk webiste kita karena denga bantuan SEO kita bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari.

Lantas bagaimana agar website kita banyak dikunjungi dan menghasilkan kepuasan pengunjung sehingga betah berlama-lama mantengi tulisan kita, merasa mendapatkan manfaat, dan kecanduan untuk selalu mengunjungi website kita?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website. Kali ini saya akan membahas dua faktor dulu, faktor-faktor yang lain insya Allah akan di tulisan berikutnya :).

1. Konten dengan kualitas terbaik

Konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page. Mustahil mendapatkan peringkat pertama tanpa punya konten berkualitas.

Nah, apa itu konten berkualitas ?

Berikut ciri-cirinya :

  1. Memberikan manfaat maksimal bagi pengunjung
  2. Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  3. Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  4. Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll)
  5. Menyelesaikan permasalahan pengunjung

Jadi itulah lima kriteria yang harus terpenuhi agar website kita menjadi peringkat pertama di mesin pencari dalam durasi yang lama.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui kalau Google secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang tidak bermutu. Apa ciri-ciri konten yang tidak bermutu itu? Insya Allah saya kupas di tulisan selanjutnya 

2. Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optima

Mari kita bayangkan, jika sebuah halaman website yang 100% isinya teks, pasti sangat membosankan bukan? Sehingga, gambar dan atau video merupakan nilai tambah.

Tidak ada kerugian dalam menggunakan multimedia dalam konten. Akan tetapi, kita perlu mempertimbangkan jumlahnya agar komputer pengunjung website kita tidak macet :). Juga, apakah multimedia yang kita gunakan ada kaitannya dengan konten yang kita sajikan apa tidak.

Berikut beberapa tips untuk menyajikan multimedia yang menarik :

  1. Gunakan gambar yang berhubungan atau menjelaskan konten
  2. Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak
  3. Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan
  4. Kompers gambar supaya optimal
  5. Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar

Alhamdulillah dua faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website sudah saya kupas. Semoga masih ada kesempatan untuk mengupas faktor lainnya :). Aamiin

Tips Menarik Lainnya
Produk Pilihan

Paket Buku Pintar Iman & Islam (B.

Detail
Rekomondasi Blog