Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
Jangan ragu menjawab tidak tahu

Jangan ragu menjawab tidak tahu

JANGAN RAGU MENJAWAB TIDAK TAHU

Ayah Bunda yang baik hati, setiap kita ingin mempunyai anak yang sholeh/ah dan juga pintar tentunya. Di jaman sekarang keinginan itu tidaklah mudah. Apalagi gerusan hal negatif mengganggu juga semakin menggoda. Pergaulan bebas, penyimpangan seks sampai ke arah kecanduan zat aditif dan narkoba. Yuk arahkan ananda mempunyai kesibukan positif selain belajar dan menyalurkan hobi. Hobi membaca bisa menjadi salah satu sarana mengalihkan dari rutinitas yang tidak positif seperti menonton TV dan bermain hp. Apabila ananda sudah terbiasa bermain hp, sedikit luang main hp, istirahat main hp bahkan mau tidurpun pegang hp. JIka sudah demikian kecanduan mengakibatkan anak ketika dilarang akan memukul, menangis bahkan melukai. Bahkan sampai terjadi kerusakan-kerusakan yang lain seperti mata, syaraf otak, gangguan pada tangan dalam jangka panjang juga hambatan komunikasi dan sampai tumbuh kembang. Ayah bunda, Hal tersebut tentu tidak kita inginkan, bukan?

Menumbuhkan minat membaca dari nol tentu tidak mudah tapi tetap bisa diusahakan jika ayah bunda mau bekerjasama. Apabila ananda sudah tergerak buku apa saja akan dilahap olehnya. Apa saja kiat- kiat yang perlu dibangun: 1. Niat yang ikhlas karena Allah SWT untuk kebaikan ananda. Abaikan rutinitas ketika ananda menginginkan dibacakan sebuah buku. Jika ayah bunda mempunyai pekerjaan tetap hendaknya punya waktu bersama seperti 18.00-20.00 sebagai waktu khusus quality time bagi keluarga. Anak kami shanty namanya, kadang tidak tahu uminy lagi ngapain, asal saja ngomong maksa banget"Umi, kenapa sih setiap aku ambil buku. Buku ni aja yg kepegang". Umi tersenyum, " berarti Allah ingin shanty jujur". Belum wudhu bilang sudah. 😊Buku yang diambil bertema jujur ya ayah bunda. Salah satu dalam Paket Balita Berakhlak Mulia. Pas banget mengena. 2. Ayah bunda bisa memulai membacakan buku bergambar dengan tulisan yang sederhana. Dalam paket Balita Berakhlak Mulia pas banget untuk awalan bagi bayi juga menumbuhkan membaca kakak yang sudah terlambat tumbuh minat baca. Awalnya sih malu-malu tapi akhirnya kepo juga lo. Bahasa menarik juga berirama. Warna juga asyik ga bosenin dan keren. 3. Jangan ragu menjawab tidak tahu ya ayah ya bundaaa. Setiap anak punya naluri ingin tahu. Jawab penasarannya dengan cari di buku, yuk. Hal ini menjadikan proses belajar juga berpikir. Beda jika ayah bunda langsung menjawab. Tentu saja ananda akan terbiasa "ah, ngapain capek- capek baca, tanya bunda pasti tahu. Bunda kan hebat. Ngapain baca dan akhirnya ananda jadi malas membaca. Kalo sudah begitu kita sendiri kan yang rugi. Anak ga suka baca. Jangan khawatir dibilang"ga tahu banget". Dalam Balita Berakhlak Mulia ada kartu pintar yang bisa untuk bermain interaktif ayah .....bunda...lebih asyik dalam pendampingan. 4. Taruhlah buku ditempat yang terjangkau ananda. Jika ditaruh di rak maka ditaruh sesuai ketinggian anak, jika sering bermain di lantai maka taruhlah buku di dekatnya. Jadi jangan pernah terlewatkan setiap hari dengan membaca. Bahkan disaat menjelang tidurpun jika itu bisa dilakukan, maka lakukanlah. Asal tidak jadi ganjel tidur ya ayah...ya bunda 5. Telaten ya ayah bundaa.... Sabar dan istiqomah mendampingi ananda dari minat menjadi candu. Candu positif tentunya. Mau apa mau, pasti setuju pake banget. Apalagi jaman now, disuruh belajar males, beda ketika ananda sudah terbiasa membaca. Tanpa disuruh belajarpun, membaca pasti belajar. Sesuatu banget. Waktu pengasuhan tidak bisa dimundurkan ayah...bunda. apabila masa kanak mereka berlalu maka masa dewasalah yang akan menggantikannya. Mereka pergi sendiri alamiah mengepakkan sayap menjauh dari kesibukan kita. Kita pasti akan merindukan saat kecil mereka dulu saat banyaknya celotehan pertanyaan dan keinginan untuk dilayani. Nikmati setiap proses. 6. Syukurilah setiap perkembangan usaha ananda dalam membaca. Bersyukurlah, maka Allah akan menambah nikmatNya.

Begitu ya Ayah ....ya bunda...., Yuk mulai dari sekarang. Tumbuhkan minat ananda sekarang juga. Karena membaca adalah tugas pertama Rasululllah Saw. Dari membaca beliau menjadi panutan dan mampu memimpin umat ini. Membaca menjadi tradisi para ulama juga penuntut ilmu. Keasyikan membaca adalah kenikmatan berlama-lama dalam menuntut ilmu dan membaca. Bisakah kita seperti mereka, yuk upayakan hingga bisa meraih kejayaan umat dimulai dengan membaca.








Tips Menarik Lainnya
Nasihat melalui Kisah
Nasihat melalui Kisah

Ketika Abang Zaidan berusia 2 tahun kira-kira (sebelum saya punya anak kedua), saat itu kemampuan bicaranya memang dibawah anak-anak seusianya. Meski respon dengan dan lain-lain normal. Saya berpikir keras bagaimana melatih kemampuan bicara dan pengertian akan hal-hal yang baik, yang bisa dia tiru tetapi dia pahami.
Kebanyakan grup WA, HP jadi penuh.
Kebanyakan grup WA, HP jadi penuh.

Setelan agar HP tidak langsung download gambar yang ada di grup WA
Saat indah pasti akan datang
Saat indah pasti akan datang

Nikmat memiliki buah hati merupakan nikmat tiada tara Rasa kesyukuran memiliki buah hati harus dipertanggung jawabkan dengan memperhatikan tumbuh kembang anak dan memberikan nutrisi tubuh, otak dan spritual sesuai fasenya Balita Berakhlak Mulia memberikan solusi bagi para ayah dan bunda untuk memberikan nutrisi di fase perkembangan tahap awal, karena mengandung nutrisi spritual, intelektual dan emosional
Produk Pilihan
Paket Buku Pintar Iman & Islam (B
Rp 3.350.000
Rp 1.945.680

Rekomendasi Blog
5 Tantangan Anak Sekolah Saat Ini, Orang Tua Wajib Tau !
Kamis, 19 Januari 2017 10:07 WIB

Ayah Bunda, anak anak sudah memasuki bulan pertama masuk sekolah. Bagaimana keadannya? Sudah kah Ayah Bunda cek kesulitan-kesulitannya di sekolah? Bagi anak, masuk sekolah berarti menghadapi dunia yang serba baru. Di dunia baru itu, ada serangkaian aturan dan tantangan yang akan dihadapinya. Yuk kenali apa saja?