Tips Menarik Sygma Daya Insani

Khansa dan Siroh Rasulullah Muhammad Teladanku

Khansa dan Siroh Rasulullah Muhammad Teladanku

Selasa, 24 April 2018 10:39 WIB | 7212 Views

Sepertiga isi AlQuran adalah sejarah. Sepertiganya turun di Mekkah. Kenapa Mekkah? Ini adalah pertanyaan yang sangat menarik. Kisah yang turun di Makkah karena fase Makkah adalah fase penguatan pondasi dan fase penguatan iman. Ulama terdahulu mempelajari kisah hidup Rasulullah, kisah Nabi dan Rasul serta para sahabat sebagaimana mereka mempelajari Al Quran. Kedua-duanya sangatlah penting.

 

Khansa : “Ummi, tolong bacakan sirah Muhammad Teladanku.”

Bunda  : “Rapikan buku, mainanmu, dan siapkan pakaian sekolahmu… Nanti Ummi bacakan..”

Afiqah : “ Ummi, bacakan siroh untuk Afiqah juga.”

Setiap malam ba’da salat Isya, setelah selesai mengerjakan tugas Belajar Bersama Orangtua (BBO) dari Kuttab Al Fatih yang menjadi agenda rutin kami di rumah, Khansa selalu menyodorkan Buku Sirah Rasulullah Muhammad Teladanku untuk saya bacakan. Agenda pembacaan sejarah hidup Rasulullah ini adalah saat-saat yang ditunggu Khansa   hampir setiap malam. Ini sudah putaran ke dua sejak selesainya jilid ke 16 tentang wafatnya Rasulullah. Berkisah adalah momen yang paling tepat untuk memasukkan nilai-nilai tauhid dan akhlak. Sudah hampir dua tahun Muhammad Teladanku masuk dalam agenda rutin kami. Banyak hikmah yang kami dapatkan dalam buku-buku itu.  Mengenal silsilah keluarga Rasulullah, bahwa nama kakek Rasulullah adalah Syaibah, mengapa akhirnya disebut Abdul Muthalib dan kenapa ia harus mengorbankan seratus ekor unta untuk Abdullah bin Abdul Muthalib, ayahanda Rasulullah, atas nadzar yang ia ucapkan. Sifat Rasulullah yang penyayang dan lembut terhadap keluarganya, sahabatnya, dengan orang yang lebih rendah kedudukannya. Dan masih banyak lagi.

Salah satu yang membekas dari pembacaan sirah adalah saat Rasulullah berangkat ke Thaif bersama Zaid bin Haritsah, berjalan berpuluh kilometer menawarkan Islam kepada para pemuka Thaif dan berakhir bukan hanya penolakan para pemuka dan pembesar Thaif dan pengusirannya, namun caci maki dan lemparan batu yang membuat Rasulullah luka-luka,  mulai kepala, badan, serta anggota tubuh Rasul terluka hingga darah jatuh bercucuran dari kaki-kaki Rasulullah, walaupun Zaid sudah mencoba melindungi Rasul dari lemparan batu tersebut. Jibril dan malaikat penjaga gunung menawarkan untuk menghancurkan kota Thaif, akan tetapi Rasulullah menolaknya, ia malah mendoakan agar dari keturunan penduduk Thaif lahir orang-orang yang menyembah Allah dan tidak menyekutukannya.

Masih banyak kisah kehidupan Rasulullah yang membuat kami merenungi bagaimana sosok Rasululullah yang yatim piatu bisa tumbuh menjadi sosok yang akhlaknya sangat baik dan diakui oleh kaumnya sebagai orang yang bisa dipercaya. Khansa, Afiqah, dan saya sering berpelukan setelah pembacaan kisah ini selesai, berdoa bersama agar kelak kami bisa melihat wajah Rasulullah dan mendapat syafaatnya kelak.

******************************************************************

Sepertiga isi AlQuran adalah sejarah. Sepertiganya turun di Mekkah. Kenapa Mekkah?  Ini adalah pertanyaan yang sangat menarik. Kisah yang  turun di Makkah karena fase Makkah adalah fase penguatan pondasi dan fase penguatan iman. Ulama terdahulu mempelajari kisah hidup Rasulullah, kisah Nabi dan Rasul serta para sahabat sebagaimana mereka mempelajari Al Quran. Kedua-duanya sangatlah penting.

 

*****************************************************

Dahulu saya berpikir panjang sekali untuk mengoleksi buku-buku ini, mengingat harganya yang cukup lumayan bagi kami yang berpenghasilan pas-pasan saat itu. Buku dengan range harga 2-5 juta sepaketnya, Alhamdulillah, Allah memberikan rejeki dari jalan yang tidak kami duga sehingga kami bisa memiliki buku ini dengan cara menabung. Sulit? Insyaallah tidak. Kita tinggal meminta pada Allah. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Niatkan untuk ibadah. Bismillah. Insyaallah ada jalan.  Semoga ikhtiar kita untuk memperkenalkan kisah sejarah Rasulullah SAW, Para Nabi dan Rasul serta sahabat Rasul mendapatkan keberkahan Allah.

 

#copywriting

#schoolofmasterlandingpage

#sygmadayainsani

Produk Pilihan

Paket Muhammad Teladanku (MUTE).

Detail
Rekomondasi Blog