Tips Menarik Sygma Daya Insani

Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah

Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah

Oleh Azar | Selasa, 12 Juli 2016 06:34 WIB | 50226 Views

Hari pertama sekolah adalah momen penting bagi Ayah, Bunda dan si kecil. Segala macam persiapan untuk menyambut hari pertama sekolah dilakukan agar si kecil siap memasuki dunia barunya. Jika persiapan tidak matang, dapat menimbulkan perasaan malu atau bahkan enggan sekolah lagi. Ayah Bunda untuk mengantisipasi itu semua, kali ini kita akan membahas persiapan hari pertama sekolah bagi si kecil.

Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah
Hari pertama sekolah adalah momen penting bagi Ayah, Bunda dan si kecil.  Segala macam persiapan untuk menyambut hari pertama sekolah dilakukan agar si kecil siap memasuki dunia barunya. Jika persiapan tidak matang, dapat menimbulkan perasaan malu atau bahkan enggan sekolah lagi. Ayah Bunda untuk mengantisipasi itu semua, kali ini kita akan membahas persiapan hari pertama sekolah bagi si kecil.

  1. Luangkan Waktu. Untuk Ayah Bunda, luangkan waktu untuk mengantarkan anak ke sekolah. Hal itu dapat menumbuhkan rasa aman berada diluar rumah. Dan yang paling penting, mengantarkan hari petama anak sekolah dapat memberikan kesan yang hangat, masih yah,
  2. Beri tahu informasi mengenai sekolah. Ayah bunda berikanlah informasi mengenai sekolah, hal itu dapat memberikan rasa aman kepada anak. Berikan informasi mengenai tugas guru disekolah, cara memilih teman, apa saja yang dilakukan disekolah. Terangkan pula kapan jam pulang dan jam masuk serta beberapa aturan di sekolah seperti tidak ngobrol dikelas, tidak bermain saat guru menerangkan, dan lain-lain.
  3. Menyiapkan alat tulis. Persiapkan alat tulis untuk si kecil. Siapkan pensil, pulpen, penghapus dan lain lain agar si kecil mudah dalam mencatat pelajaran dari guru. Ayah Bunda sebaiknya tanyakan juga ke Guru, apa yang harus disiapkan di hari pertama sekolah.
  4. Menyiapkan bekal. Persiapkan bekal untuk si kecil, bekal makan atau bekal uang. Ayah Bunda dapat berlaku bijaksana dalam memberikan bekal kepada si kecil, apalagi bekal berupa uang. Hitung dengan cermat berapa pengeluaran si kecil, jangan sampai si kecil kelaparan atau kelebihan uang.
  5. Antarkan hingga bertemu wali kelas. Ayah Bunda sebaiknya mengantarkan si kecil bertemu dengan wali kelasnya, hal itu dapat menimbulkan rasa nyaman dan aman kepada si kecil. Perkenalkan dengan baik si kecil dengan wali kelasnya agar si kecil tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada wali.
  6. Terangkan bahwa Ayah Bunda menunggu diluar. Terkadang si kecil merasa risau karena jauh dari orang tua. Terangkan kepada si kecil bahwa Ayah Bunda akan menunggu diluar dan si kecil akan baik baik saja berada didalam kelas
(azar)

Produk Pilihan

Paket Muhammad Teladanku (MUTE).

Detail
Rekomondasi Blog