Tips Menarik Sygma Daya Insani

5 Tips Mengisi Kegiatan Anak

5 Tips Mengisi Kegiatan Anak

Oleh administrator | Jum'at, 16 September 2016 02:43 WIB | 151571 Views

Ayah Bunda, alangkah baiknya jika kita menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu luang bersama anak. Tidak perlu aktivitas yang memerlukan banyak energi, sambil bersantai pun Ayah Bunda dapat melakukannya. Bukan hanya kebahagiaan dan kebermaknaan yang didapatkan, tetapi aktivitas ini bisa berdampak pada pendidikan karakter anak. Jauhkan segala macam game elektronik yang membuat anak enggan beranjak dari tempat duduknya yang nyaman. Bangkitkan rasa seni, sensitivitas rasa, dan tingkatkan konsentrasi anak dengan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Ayah Bunda, alangkah baiknya jika kita menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu luang bersama anak. Tidak perlu aktivitas yang memerlukan banyak energi, sambil bersantai pun Ayah Bunda dapat melakukannya. Bukan hanya kebahagiaan dan kebermaknaan yang didapatkan, tetapi aktivitas ini bisa berdampak pada pendidikan karakter anak.
Jauhkan segala macam game elektronik yang membuat anak enggan beranjak dari tempat duduknya yang nyaman. Bangkitkan rasa seni, sensitivitas rasa, dan tingkatkan konsentrasi anak dengan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.
 

  1. Memasak
Memasak tak hanya bisa dilakukan oleh ibu. Ajak anak untuk membuat beberapa menu yang simpel. Tahukah Ayah Bunda, cara ini selain menyenangkan juga bisa melatih konsentrasi serta daya ingatnya. Secara tak langsung ia akan berusaha mengingat bahan makanan yang dibutuhkan dalam mengolah sebuah menu. Aktivitas ini pun secara langsung bisa meningkatkan kedekatan serta keharmonisan dengan buah hati.

Baca juga: Ringkasan Adab-Adab Dalam Memasak
 
  1. Berkebun
Walau butuh waktu yang tak sedikit untuk melihat hasilnya, mengajak anak menanam buah, sayuran, bunga, atau rempah-rempah bisa mengajarkan anak untuk berkontribusi mempercantik alam ini. Biarkan mereka menanam benih, menyiram, dan memberikan pupuk agar anak merasa terlibat dan bangga. Jika tidak memiliki kebun yang tak cukup memadai, ajak anak untuk sekadar menanam tanaman hias di dalam sebuah pot.
 
  1. Bercerita
Anak-anak pada dasarnya senang mendengarkan cerita, kisah. Ayah Bunda bisa mengumpulkan buku cerita anak atau mengumpulkannya dari internet. Agar tidak bosan anda bisa mengambil kisah yang beragam, seperti dari fabel, cerita rakyat, kisah nabi-nabi atau sahabat rasul, sejarah masa lalu, atau kisah yang memiliki muatan moral. Sebelum bercerita ada baiknya Ayah Bunda belajar mengenai cara-cara bercerita agar tak membosankan.

Baca juga: 3 Tips Bercerita Kisah Seru Untuk Anak
 
  1. Membuat Mainan Atau Kreasi Bersama
Jika di rumah Ayah Bunda banyak terdapat barang-barang bekas, manfaatkanlah untuk menjadikannya mainan daur ulang, yang dibuat bersama anak di rumah. Buatlah kreasi dan ajaklah anak untuk membuat sekreatif mungkin. Jika Ayah Bunda kurang referensi, Ayah Bunda bisa mencari tutorialnya di internet atau referensi dari buku-buku. Carilah yang sesuai dengan kesukaan anak dan tentunya kemampuan yang disesuaikan usia anak.
 
  1. Melakukan Hobi Bersama
Jika Ayah Bunda Hobi berolahraga sesekali bisa mengajak anak untuk ikut pada aktivitas Ayah Bunda. Kita bisa mengajaknya untuk sekedar melihat, atau mengajarinya yang kita suka. Tentunya bukan sungguh-sungguh membuatnya terampil, setidaknya dia terbiasa melihat dan merasakan senangnya aktivitas tersebut.

Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog