Tips Menarik Sygma Daya Insani

5 Tips Menjauhkan Anak dari Televisi

5 Tips Menjauhkan Anak dari Televisi

Oleh administrator | Selasa, 18 Oktober 2016 03:15 WIB | 59697 Views

Ayah bunda, berbagai tayangan telvisi yang baik maupun yang buruk dilihat oleh anak-anak kita. Dari pejabat yang berkata kasar, pertengkaran, berita pemerkosaan, iklan sabun mandi, dan lain lain. Bagaimana menanggulangi adanya tayangan buruk dalam televis terhadap anak, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua?

5 Tips Menjauhkan Anak dari Televisi

Ayah bunda, berbagai tayangan telvisi yang baik maupun yang buruk dilihat oleh anak-anak kita. Dari pejabat yang berkata kasar, pertengkaran, berita pemerkosaan, iklan sabun mandi, dan lain lain. Bagaimana menanggulangi adanya tayangan buruk dalam televis terhadap anak, apa  yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua?
  1. Aturan Keluarga
Beri aturan tentang perizinan menonton televise di keluarga. Lakukan aturan ini bukan hanya untuk anak, tapi untuk anggota keluarga di rumah. Izinkan keluarga hanya boleh menononton 1 jam per hari.
Adapun anak yang masih menyusui ASI (anak di bawah usia dua tahun), dokter menyarankan agar ketika menyusui, bunda tidak memposisikan anak berhadapan dengan televisi karena pertumbuhan fungsi otak anak masih belum sempurna.
 
Pastikanlah anak meminta izin terlebih dahulu sebelum menghidupkan televisi, tentunya setelah orang tua membatasi program acara televisi apa saja yang boleh ditonton anak dan menentukan waktu untuk menonton; selama tidak lebih dari satu jam. Yang terpenting lagi, biasakanlah anak menonton televisi sambil duduk.
  1. Didamping oleh Orang Tua 
Jadikanlah apa yang ditonton anak sebagai kesempatan bagi orang tua untuk menajarkannya; perbuatan mana yang benar dan yang salah.
  1. Isi Kegiatan Bermanfaat untuk Keluarga
Berikanlah kepada anak kegiatan sosial di dalam atau di luar rumah dan berikanlah hiburan pengganti. Tanamkanlah pada diri anak untuk menghargai waktu melalui ucapan dan praktik agar anak tidak menghabiskan waktu di depan televisi.
 
Baca juga: 5 Tips Mengisi Kekosongan Anak
  1. Pilih Tontonan yang Bermanfaat
Penting sekali bagi orang tua untuk memberikan contoh kepada anak supaya tidak menonton program acara televisi yang tidak bermanfaat dan bertentangan dengan agama.
  1. Berikan Penghargaan
Berikanlah hadiah per minggu bagi anggota keluarga yang paling jarang menonton televisi dalam seminggu. Contoh hadiahnya, memberikan bekal istimewa untuk ke sekolah.

Baca juga: Cara Membuat Bekal Unik Untuk Anak
 
Sumber: doktersehat.com

Tips Menarik Lainnya
Produk Pilihan

Paket 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama.

Detail
Rekomondasi Blog