Sygma Daya Insani Blogs
Berbagai konten menarik seputar Sygma Daya Insani dan juga konten menarik yang berhubungan dengan keluarga untuk anda semua
6 Cara Sederhana dan Murah Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

6 Cara Sederhana dan Murah Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Ayah Bunda, kini cuaca sudah tidak menentu, biasanya orang mudah terkena flu atau radang tenggorokan. Bukan hanya orangtua, tetapi juga anak-anak. Membiasakan hidup sehat sejak dini akan membantu agar anak tidak mudah sakit dan membuat pilihan-pilihan sehat di masa mendatang.

Beberapa cara sederhana ini dapat Ayah Bunda jadikan kebiasaan agar anak selalu sehat dan jarang sakit:

1 Aktif bergerak
Jangan biarkan anak berlama-lama bermain gadget atau menonton TV sepanjang hari. Biasakan si kecil aktif bergerak selama 60 menit setiap hari agar tubuhnya lebih bugar dan kuat. Ayah Bunda juga harus bisa menjadi contoh yang baik untuk si kecil dengan ikut melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Main bola, berenang, atau bersepeda pasti jadi kegiatan yang dinikmati anak.

2.Banyak minum air putih
Minum air putih merupakan solusi terbaik untuk mencegah dehidrasi. Namun konsumsi minuman ringan atau minuman bersoda harus dibatasi pada anak balita, karena mengandung kadar gula yang tinggi. Berikan ia buah-buahan untuk cemilan, ketimbang jus buah yang biasanya juga diberi banyak gula.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Mengonsumsi sayur dan buah akan membantu si kecil tumbuh dengan optimal. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan menambah daya tahan tubuh anak, dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis. Untuk cemilan, pilih yang tidak terlalu manis. Puding, agar-agar, atau sate buah bisa jadi alternatifnya.

4. Jangan biasakan si kecil di depan layar
Ayah Bunda harus tegas memberikan batasan waktu pada anak-anak untuk berada di depan layar, baik menonton televisi maupun menggunakan gadget. Gaya hidup sedentari (kurang aktif bergerak) ini dapat berdampak pada kelebihan berat badan. Ayah Bunda bisa menggantikan hal ini dengan mengajak anak banyak bermain di dalam maupun luar rumah.

5. Perhatikan kebersihan diri.
Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menyikat gigi secara teratur, dan menghindarkan anak dari paparan asap rokok juga dapat mencegah anak terpapar kuman dan bakteri.

6. Cukup tidur
Yang terakhir, penting juga bagi Ayah Bunda untuk membiasakan waktu tidur si kecil sesuai dengan kebutuhannya. Selain agar tubuh selalu bugar, tidur cukup juga menghindari anak jadi rewel saat bangun pagi karena masih mengantuk. Kurang tidur bisa membuat anak terganggu sepanjang hari.

 Nah, itu dia beberapa kebiasaan penting agar anak tidak mudah sakit. Coba terapkan mulai sekarang ya, Ayah Bunda

Sumber : Tabloid Nakita








Tips Menarik Lainnya
8 Cara Mengatasi Anak yang Berkata Kasar
8 Cara Mengatasi Anak yang Berkata Kasar

Ayah Bunda, anak yang berusia 3-4 tahun sering mencoba dengan berbagai kata dan mereka sangat ingin tahu bagaimana reaksi dari orang dewasa di dekatnya. Hampir semua anak pernah mengatakan atau mencoba kata kasar atau jorok, jadi Ayah Bunda tidak perlu merasa cemas berlebihan ketika anak berperilaku sedikit tidak menyenangkan. Apa yang harus dilakukan ketika anak kasar?
5 Tips Menjauhkan Anak dari Televisi
5 Tips Menjauhkan Anak dari Televisi

Ayah bunda, berbagai tayangan telvisi yang baik maupun yang buruk dilihat oleh anak-anak kita. Dari pejabat yang berkata kasar, pertengkaran, berita pemerkosaan, iklan sabun mandi, dan lain lain. Bagaimana menanggulangi adanya tayangan buruk dalam televis terhadap anak, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua?
5 Cara Agar Anak Dekat degan Al Quran
5 Cara Agar Anak Dekat degan Al Quran

Anak adalah asset berharga untuk dunia dan akhirat. Anak yang shalih shalihah akan menyayangi kita dan mendoakan ketika kita telah tiada. Amal-amal shalih yang kita ajarkan kepada anak pun bisa menjadi bekal di akhirat nanti. Salah satu amal shalih yang akan menolong kita adalah kedekatan dengan Al Quran. Ingin memiliki anak yang dekat dengan Al Quran? Ini tipsnya:
Mengajarkan Menjaga Kebersihan Kepada Anak
Mengajarkan Menjaga Kebersihan Kepada Anak

Ayah Bunda, seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Dari pepatah tersebut dapat kita artikan bahwa dalam keimanan dan kebersihan tidak dapat dipisahkan. Sebagai contoh, jika kita mau shalat maka kita harus bebas dari hal-hal yang najis (menjaga kebersihan). Menjaga kebersihan sejak dini kepada anak sangat dianjurkan agar anak terbiasa dengan sesuatu yang bersih. Berikut adalah hal-hal yang harus diajarkan kepada anak:
Produk Pilihan
Paket 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama
Rp 2.550.000
Rp 1.481.040

Rekomendasi Blog
Hamas: Mengandalkan Para Penghafal Al Quran untuk Mengusir Israel
Selasa, 28 Februari 2017 09:07 WIB

Ayah Bunda, sudah bertahun-tahun lamanya Palestina dijajah oleh Israel. Berbagai perlawanan dicoba untuk melindungi masjid Al Aqsa. Seperti apa kabar terbaru mengenai bumi Palestina? Berikut liputannya.