Parenting dan Anak Sygma Daya Insani

Agar Liburan Lebih Bermakna

Agar Liburan Lebih Bermakna

Oleh Yani Suryani | Jum'at, 11 Januari 2019 06:52 WIB | 6871 Views

Sa'at liburan adalah waktu yang sangat langka, mari kita isi dengan kegiatan bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga. Agar Liburan menjadi lebih Bermakna

*Agar Liburan Lebih Bermakna*

Libur telah tiba. Libur telah tiba.
Horee Horee! Hatiku gembira.

Senangnya, Bila waktu libur telah tiba.
Semua anggota keluarga akan berkumpul menghabiskan waktu bersama.
Setelah kesibukan masing-masing anggota keluarga dengan rutinitas kerja, Sekolah, dan aktivitas lainnya.
Maka waktu liburpun akan menjadi waktu yang sangat berharga untuk lebih meningkatkan kelekatan seluruh anggota keluarga. Agar moment langka dan berharga itu tidak sia-sia.

Sa'atnya, Kita isi liburan dengan kegiatan yang bermakna.
Kegiatan yang bukan hanya sekedar hura-hura atau hiburan semata, Tetapi juga kegiatan yang bisa bermanfa'at untuk seluruh anggota keluarga.

Berikut adalah beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Agar Liburan lebih bermakna.

1. Berolahraga bersama. Udara pagi yang segar memang sangat penting untuk kesehatan kita, Jangan hanya karena kita libur menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Saatnya kita sambut pagi dengan semangat, lakukan olahraga bersama anggota keluarga. Baik itu hanya sekedar lari pagi, senam, sampai olahraga yang disunnahkan, seperti berkuda, memanah ataupun berenang. "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah." (HR.Bukhari dan Muslim)

2. Melakukan hobi bersama. Melakukan hobi bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Selain itu juga, bisa mengasah keterampilan yang dimiliki oleh anak-anak. Sehingga kedepan anak-anak bisa lebih mahir dengan keterampilannya masing-masing. Beberapa hobi yang bisa dilakukan bersama seperti: berkebun, bercocok tanam, memasak, hastakarya, menulis ataupun menggambar.

3. Membereskan rumah dan menata ruangan. Setiap hari, kita disibukan dengan rutinitas masing-masing, terkadang membuat rumah sedikit berantakan. Waktu libur bisa menjadi moment "kerja bakti" bersama, agar rumah menjadi bersih dan indah. Anak-anakpun bisa dilibatkan dengan melakukan pekerjaan sederhana seperti menyapu, mencuci sepatu atau tas masing-masing.

4.Bermain atau silaturahim. Kesibukan terkadang membuat kita jarang bersosialisasi dengan tetangga dan kerabat. Waktu libur bisa kita gunakan untuk bersilaturahim dengan tetangga. Baik itu, hanya sekedar ngobrol ataupun bisa juga melakukan aktivitas bersama seperti kerja bakti lingkungan, arisan dan kegiatan lainnya.selama kegiatan itu bermanfa'at, kita bisa melakukan kegiatan tersebut bersama-sama.

5.Berwisata bersama. Hal ini bisa di sesuaikan dengan keuangan keluarga. Ketika keuangan cukup, kita bisa sesekali mengajak keluarga untuk berwisata bersama. Lebih mengenali Alloh melalui makhluk ciptaan-Nya. Menikmati keindahan Alam ciptaan Alloh SWT. Tetapi ketika keuangan terbatas, kitapun bisa berwisata sekedar jalan-jalan si sekitar rumah ataupun ke taman bermain anak-anak yang sesuai budget pastinya.

6. Membaca buku. Tentu kita sering mendengar bahwa membaca buku mempunyai banyak manfa'at. Salah satunya adalah menambah wawasan dan pengetahuan.
Waktu libur bisa menjadi waktu yang tepat orang tua memberikan keteladanan bahwa membaca buku sangatlah menyenangkan.
Kitapun harus selektif memilih referensi buku yang tepat, Agar anak-anak juga mendapatkan pemahaman yang tepat sesuai syariat. Buku yang bukan hanya sekedar cerita jenaka, tapi juga bisa mengenalkan anak-anak pada Alloh dan Rasulullah sang teladan utama. Seperti halnya buku yang diterbitkan oleh Sygma Creeative media Corp dan di Distribusikan oleh Sygma daya insani. Buku nya dirancang khusus sesuai dengan imajinasi dan Fitrah anak-anak, Menggunakan metode kisah, ilustrasi gambar yang menarik. Sehingga kita pun secara tidak langsung bisa mengajarkan tentang pengetahuan agama dan keteladanan yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dengan cara yang disukai anak.

7. Mempersiapkan dan Merencanakan dengan baik untuk kegiatan sepekan kedepan. Itulah beberapa alternatif kegiatan yang bisa kita dilakukan ketika liburan, sehingga liburan menjadi lebih bermakna. Bukan hanya bermalas-malasan atau asyik dengan gadget masing-masing sehingga waktu terbuang percuma. Yang penting dalam menikmati liburan juga tidak memaksakan kehendak, mengada-adakan yang tidak ada.

Liburan harus memiliki 3 Aspek yaitu Fun, Finansial dan Fungsional.

Parenting dan Anak Lainnya
Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog