Seputar Islam Sygma Daya Insani

Ringkasan Sejarah Zainab Binti Khuzaimah

Ringkasan Sejarah Zainab Binti Khuzaimah

Oleh administrator | Kamis, 29 September 2016 01:04 WIB | 177029 Views

Ayah Bunda, Zainab Binti Khuzaimah adalah istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam setelah sepeninggalan Ibunda Siti Khadijah. Beliau juga dikenal dengan Ibunya Orang Miskin. Seperti apa sosok wanita tersebut?

Ayah Bunda, Zainab Binti Khuzaimah adalah istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam setelah sepeninggalan Ibunda Siti Khadijah. Beliau juga dikenal dengan Ibunya Orang Miskin. Seperti apa sosok wanita tersebut?

Baca juga: Ringkasan Sejarah Khadijah Binti Khuwalid
 
  • Silsilah Zainab
Nama lengkap Zainab binti Khuzaimah bin Harsi bin Abdullah bin Amru bin Abdi Manaf bin Hilal bin Amir bin Sha'shaah al Hilaliyah. Ibunya bernama Hindun binti Auf bin Harits bin Hamathah.

Berdasarkan asal usul keturunannya, dia termasuk keluarga yang dihormati dan disegani. Tanggal lahirnya tidak diketahui dengan pasti, namun ada riwayat yang mengatakan bahwa ia lahir pada tahun ketiga belas kenabian.
 
  • Sifat dan Watak Zainab
Zainab binti Khuzaimah mimililki sifa murah hati, kedermawanan dan sifat santunnya kepada orang orang miskin yang ia utamakan ketimbang dirinya sendiri. Sebelum memeluk Islam dia sudah dikenal dengan gelar Ummul Masakin (Ibu orang orang miskin). Gelar tersebut disandangnya sejak masa Jahiliah.

Zainab adalah termasuk kelompok orang yang pertama-tama masuk Islam dari kalangan wanita. Yang mendorongnya masuk Islam adalah akal pikirannya yang baik, menolak syirik dan penyembahan berhala dan selalu menjauhkan diri dari perbuatan jahiliyah.
 
  • Sebelum Menikah dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam
Terdapat beberapa pendapat tentang nama nama suami pertama dan kedua dari  Zainab sebelum dia menikah dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam. Sebagian pendapat mengatakan bahwa suami pertama Zainab adalah Thufail bin Harits bin Abdul Muthalib. Oleh karena Zainab tidak dapat melahirkan (mandul), Thufail menceraikannya ketika mereka hijrah ke Madinah.

Untuk memuliakan Zainab, Ubaidah bin Harits (saudara laki laki Thufail) menikahinya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Ubaidah bin Harits adalah prajurit penunggang kuda perkasa setelah Hamzah bin Abdul Muthalib dan Ali bin Abi Thalib. Mereka bertiga ikut berperang melawan orang orang Quraisy dalam Perang Badar, dan Akhirnya Ubaidah mati Syahid dalam perang tersebut.
 
  • Setelah Menikah dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam
Setelah Ubaidah wafat, tidak ada riwayat yang menjelaskan tentang kehidupannya hingga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam menikahinya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam menikahi Zainab karena beliau ingin melindungi dan meringankan beban hidup yang dialaminya. Hati beliau mejadi luluh melihat Zainab hidup menjanda.

Selain dikenal sebagai wanita yang penuh welas asih, Zainab juga dikenal sebagai orang yang senang meringankan beban beban saudaranya. Sebagaimana yang diriwayatka oleh Atha bin Yasir, bahwa Zainab mempunyai seorang budak hitam dari Habasyah.

Ia sangat menyayangi budak itu, hingga budak itu tidak diperlakukan layaknya seorang budak, Zainab malah meperlakukannya layaknya kerabat dekat. Dalam salah satu Haditsnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam pernah menyatakan pujian kepada Ummul Mukminin Zainab binti Khuzaimah dengan sabdanya:

"Ia benar benar menjadi ibunda bagi orang orang miskin, karena selalu memberikan makan dan bersedekah kepada mereka."
 
  • Wafatnya Zainab
Tentang lamanya Zainab berada dalam kehidupan rumah tangga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam pun banyak terdapat perbedaan pendapat. Salah satu pendapat mengatakan bahwa Zainab memasuki rumah tangga Rasululllah Shallallahu Alaihi Wassallam selama tiga bulan, dan pendapat lain mengatakan delapan bulan. Akan tetapi, prosesnya tergolong singkat karena Zainab meninggal ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam masih hidup. Di dalam kitab sirah pun tidak dijelaskan penyebab kematiannya. Zainab meninggal pada usia relatif muda, kurang dari 30 tahun, dan Rasululllah Shallallahu Alaihi Wassallam yang menyalatinya.
 

Comments
  • Reply
    29 September 2016 at 12:34 WIB (GMT +7)

    Nice sharing

Produk Pilihan

Paket 24 Nabi Dan Rasul Teladan Utama.

Detail
Rekomondasi Blog