Seputar Islam Sygma Daya Insani

Seberapa Penting Puasa Asyura?

Seberapa Penting Puasa Asyura?

Oleh administrator | Selasa, 11 Oktober 2016 03:01 WIB | 156836 Views

Ayah Bunda, bulan ini adalah bulan Muharram. Ada hari dimana kita disunnahkan untuk berpuasa. Puasa tersebut hadir hanya 1 tahun sekali. Puasa tersebut bertepatan pada 9 dan 10 muharram. Lalu, seberapa penting puasa Asyura itu?

Seberapa Penting Puasa Asyura?

Ayah Bunda, bulan ini adalah bulan Muharram. Ada hari dimana kita disunnahkan untuk berpuasa. Puasa tersebut hadir hanya 1 tahun sekali. Puasa tersebut bertepatan pada 9 dan 10 muharram.  Lalu, seberapa penting puasa Asyura itu?

Baca juga: 4 keutamaan bulan muahram

1. Puasa Di Bulan Muharram Adalah Sebaik-Baik Puasa.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram). Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” - HR. Muslim

Muharram disebut syahrullah yaitu bulan Allah, itu menunjukkan kemuliaan bulan tersebut. Ath Thibiy mengatakan bahwa yang dimaksud dengan puasa di syahrullah yaitu puasa Asyura. Sedangkan Al Qori mengatakan bahwa hadits di atas yang dimaksudkan adalah seluruh bulan Muharram.

2. Puasa Asyura Menghapuskan Dosa Setahun Yang Lalu
Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata,
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

3. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Punya Keinginan Berpuasa Pada Hari Kesembilan (Tasu’ah)
Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa ketika Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam melakukan puasa hari ’Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata,
“Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau mengatakan,
“Apabila tiba tahun depan insyaaAllah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.”
 
Sumber: rumaysho.com

Produk Pilihan

Paket 64 Sahabat Teladan Utama (64 ST.

Detail
Rekomondasi Blog