Tips Menarik Sygma Daya Insani

3 Cara Mudah Membuat Sirup Kesukaan Rasulullah SAW

3 Cara Mudah Membuat Sirup Kesukaan Rasulullah SAW

Oleh administrator | Selasa, 27 Desember 2016 02:54 WIB | 106890 Views

Ayah Bunda, liburan anak-anak telah tiba. Terkadang sulit menemukan kegiatan yang pas untuk mengisi waktu liburan anak anak. Ada baiknya ketika liburan tiba, Ayah Bunda kenalkan kebiasaan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam. Kini kita akan bahas sirup kesukaan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam.

Ayah Bunda, liburan anak-anak telah tiba. Terkadang sulit menemukan kegiatan yang pas untuk mengisi waktu liburan anak anak. Ada baiknya ketika liburan tiba, Ayah Bunda kenalkan kebiasaan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam. Kini kita akan bahas sirup kesukaan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam.
 

Diungkapkan oleh para ulama, bahwasannya minuman yang paling disukai Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam adalah Al Hulwa Al Barid atau minuman yang manis dan dingin. Landasan pendapat terkait kesukaan Rasulullah SAW tersebut tidak lain hadits yang berasal dari Aisyah RA:

 

Sesungguhnya minuman yang paling disukai oleh Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam adalah Al Hulwa Al Barid (minuman manis yang dingin).” (H.R. Tirmidzi)

 

Sementara Az-Zuhri menyatakan, bahwasannya Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam pernah ditanya, “Minuman apakah yang paling baik?” Beliau menjawab, “Minuman yang manis dan dingin.” (H.R. Ahmad)

 

Lalu apakah yang dimaksud dengan minuman dingin oleh Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam? Apakah air yang didinginkan oleh es, seperti yang dilakukan oleh bangsa Persia?

 

Abu Abdillah Al Maqdisi menguraikan tentang air dingin yang dimaksud dengan menyebut hadis dari Jabir RA, bahwasannya Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam pernah masuk ke rumah seseorang dari kalangan Anshar bersama seorang sahabatnya. Lalu beliau bersabda kepadanya, “Jika kamu punya air yang malam ini menginap di dalam sebuah gentong, (maka berikanlah kepada kami). Jika tidak, maka kami akan minum langsung dari telaga dengan mulut tanpa wadah.” (H.R. Bukhari)

 

Ya, jadi yang dimaksud air dingin di sini adalah air yang didinginkan semalaman oleh hawa, atau yang disebut dengan ma’ mubarad bil hawa.’ Air dingin ini terkadang dijadikan bahan baku untuk membuat sirup yang disebut nabidz atau naqi’. Nabidz atau naqi’ adalah sirup kesukaan Rasulullah SAW dan menjadi sajian ketika diadakannya pesta pernikahan.

 

Abu Usaid As Sa’idi pernah mengundang Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam di hari pernikahannya, sementara istri Abu Usaid juga lah yang melayani mereka (para undangan) padahal ia sebagai pengantin (mempelai wanita). Isteri Abu Usaid berkata, “Apakah kalian mengetahui apa yang aku tuangkan kepada Rasulullah SAW?” “Aku tuangkan kepada beliau (minuman) dari rendaman kurma semalam di dalam kuali.” (H.R. Bukhari)

 

Lalu bagaimana membuat sirup nabidz dan tata cara penyajiannya yang benar? Ada beberapa hadis yang menyebutkan tentang cara membuat sirup kesukaan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam tersebut, antara lain dalam riwayat Imam Muslim sebagai berikut:

 

bahan:

  1. air segar

  2. buah kering yang manis (anggur atau kurma)

 

Cara Membuat:

  1. Tuangkan air dalam bejana atau gelas

  2. Rendam kurma atau anggur

  3. Rendam hingga gula yang ada pada buah tersebut larut bersama air kurang lebih 12 jam

  4. Sirup kesukaan Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wassalam siap dinikmati

 

Manfaat sirup nabidz salah satunya diungkapkan oleh Abu Abdillah Al Maqdisi, yaitu jika air dingin dicampur dengan sesuatu yang bisa membuatnya menjadi manis maka ia dapat mengantarkan makanan (nutrisi) ke seluruh tubuh, menghangatkannya, menyebarkan panas alaminya, dan memperbaiki pencernaan.

 

Selamat mencoba di rumah Ayah Bunda.

 

Sumber: eramuslim

 

Tips Menarik Lainnya
Produk Pilihan

Paket Buku Pintar Iman & Islam (B.

Detail
Rekomondasi Blog