Tips Menarik Sygma Daya Insani

10 Cara Mengajarkan Anak Hormat Kepada Ulama

10 Cara Mengajarkan Anak Hormat Kepada Ulama

Oleh administrator | Jum'at, 14 Oktober 2016 02:58 WIB | 101981 Views

Ayah bunda, pernah mendengar ada orang dewasa yang melotot kepada ulama ? pernah mendengar ada anak SMP yang duduknya tidak sopan didepan guru? Dan banyak sekali kasus yang terjadi mengenai tidak hormatnya anak maupun orang dewasa yang tidak hormat kepada para ulama. Ulama adalah orang yang memiliki ilmu. Seperti apa caranya agar anak kita menghormati para ulama ?

Ayah bunda, pernah mendengar ada orang dewasa yang melotot kepada ulama ? pernah mendengar ada anak SMP yang duduknya tidak sopan didepan guru? Dan banyak sekali kasus yang terjadi mengenai tidak hormatnya anak maupun orang dewasa yang tidak hormat kepada para ulama. Ulama adalah orang yang memiliki ilmu. Seperti apa caranya agar anak kita menghormati para ulama ?

1 Perlakukan Dan Hormati Anak Seperti Ayah Bunda Menghormati Orang Dewasa
Tidak jarang orang tua yang luput dari menghormati anak-anaknya, namun mereka malah mengharuskan anak-anaknya menghormati orang yang lebih tua. Ingat, anak juga manusia yang mempunyai perasaan dan dapat mencontoh apa yang sering ia lihat dan rasakan. Biasakanlah untuk menghormati anak agar ia tidak luput dari rasa menghormati siapapun menjadi anak yang berbudi pekerti baik.

2 Berikan Contoh Yang Baik Dan Perlakukan Anak-Anak Sebagaimana Ayah Bunda Ingin Diperlakukan
Anak adalah peniru ulung atau ‘Great Imitator’, pada umumnya anak akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya. Saat Ayah Bunda memperlakukan anak dan pasangan Ayah Bunda dengan rasa hormat, anak Ayah Bunda akan tumbuh dan percaya bahwa rasa hormat itu cara yang baik untuk memperlakukan orang lain. Jika anak Ayah Bunda lebih condong berteriak kepada Ayah Bunda dan orang lain, perhatikan cara Ayah Bunda bersikap. Kalau Ayah Bunda sering mengamuk dan berteriak jika ada hal yang tidak sesuai dengan kemauan Ayah Bunda, anak Ayah Bunda akan melakukan hal yang sama.

3 Bersikap Tegaslah Dengan Apa Yang Ayah Bunda Ucapkan Dan Berikan Ia Alasan
Menjadi orang tua tegas, tidak harus dengan membentak, apalagi harus dengan kekerasan. Tegaslah dengan apa yang Ayah Bunda ucapkan. Jika Ayah Bunda melarang atau meminta anak melakukan sesuatu beri ia alasan yang benar serta beri ia ketegasan.

4 Bersikaplah Terus Terang Kepada Anak, Berikan Penjelasan Mengenai Sesuatu
Katakan pada anak Ayah Bunda sesuatu yang semestinya mereka ketahui, beri ia penjelasan mengenai sesuatu. Jika anak menanyakan satu hal dan Ayah Bunda tidak mengetahui jawabannya, ada baiknya Ayah Bunda mengatakan hal yang sebenarnya dan mengajak anak mencari tahu jawabannya bersama-sama. Sikap ini akan lebih dihargai anak ketimbang Ayah Bunda pura-pura tahu.

5 Jadilah Orangtua Yang Konsisten Baik Dalam Bersikap Maupun Dalam Berkata-Kata
Apabila orangtua menetapkan aturan A kepada anak maka sedapat mungkin orangtua harus tetap konsisten dengan peraturan tersebut, yaitu A. Misalnya, ketika orangtua menekankan kepada anak supaya tidak pernah mengambil barang milik orang lain sebelum meminta izin dari pemiliknya, maka janganlah sekali-kali membiarkan atau bahkan menyuruh anak memakan makanan di toko yang belum dibayar.

6 Berikat Pujian Jika Ia Bersikap Hormat
Mengapa anak Ayah Bunda bersikap terhormat, pujilah anak Ayah Bunda. Jika anak Ayah Bunda bersikap kurang ajar, hentikan dia dan bicarakan tentang kekurang ajaran anak Ayah Bunda. Saat Ayah Bunda membiarkan anak Ayah Bunda kurang ajar terhadap orang lain, Ayah Bunda mengajarkan anak Ayah Bunda bahwa Ayah Bunda sendiri mengacuhkan tindakan tersebut.

7 Janganlah Berdusta Kepada Anak Atau Memperdayainya
Sebab, tindakan orangtua seperti itu dapat mendorong anak untuk tidak menghargai orangtua beserta aturannya.

8 Berani Meminta Maaf Atas Kesalahan Yang Dilakukan Terhadap Anak
Jangan takut meminta maaf atas kesalahan yang Ayah Bunda lakukan, karena dengan demikian, anak akan menghargai sikap Ayah Bunda serta mencontoh perilaku ini jika ia melakukan kesalahan.

9  Jangan Takut Mengungkapkan Kasih Sayang
Anak yang tumbuh dengan ekspresi kasih sayang orangtua akan memiliki sikap yang ekspresif dalam mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya. Hormatilah gagasannya akan sesuatu, seperti kritis dengan lingkungan sekitar, dan sikapnya dalam menghormati sesama.

10 Hormati Hak Anak, Anak Akan Terbiasa Untuk Menghargai Dan Menghormati Kebebasan Milik Orang Lain
Anak berhak mendapatkan uang jajan maka berikanlah, berikan juga kebebasan untuk berbicara dan berekspresi, tentu kebebasannya jangan sampai keluar dari koridor yang diharapkan. Dengan cara seperti ini anak akan terbiasa untuk menghargai dan menghormati kebebasan milik orang lain.

Sumber: sayangianak.com

Produk Pilihan

Paket Wahana Bermain Anak Cerdas (WBA.

Detail
Rekomondasi Blog