Tips Menarik Sygma Daya Insani

6 Cara Sederhana dan Murah Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

6 Cara Sederhana dan Murah Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Oleh administrator | Sabtu, 22 Oktober 2016 02:56 WIB | 99283 Views

Ayah Bunda, kini cuaca sudah tidak menentu, biasanya orang mudah terkena flu atau radang tenggorokan. Bukan hanya orangtua, tetapi juga anak-anak. Membiasakan hidup sehat sejak dini akan membantu agar anak tidak mudah sakit dan membuat pilihan-pilihan sehat di masa mendatang.

Ayah Bunda, kini cuaca sudah tidak menentu, biasanya orang mudah terkena flu atau radang tenggorokan. Bukan hanya orangtua, tetapi juga anak-anak. Membiasakan hidup sehat sejak dini akan membantu agar anak tidak mudah sakit dan membuat pilihan-pilihan sehat di masa mendatang.

Beberapa cara sederhana ini dapat Ayah Bunda jadikan kebiasaan agar anak selalu sehat dan jarang sakit:

1 Aktif bergerak
Jangan biarkan anak berlama-lama bermain gadget atau menonton TV sepanjang hari. Biasakan si kecil aktif bergerak selama 60 menit setiap hari agar tubuhnya lebih bugar dan kuat. Ayah Bunda juga harus bisa menjadi contoh yang baik untuk si kecil dengan ikut melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Main bola, berenang, atau bersepeda pasti jadi kegiatan yang dinikmati anak.

2.Banyak minum air putih
Minum air putih merupakan solusi terbaik untuk mencegah dehidrasi. Namun konsumsi minuman ringan atau minuman bersoda harus dibatasi pada anak balita, karena mengandung kadar gula yang tinggi. Berikan ia buah-buahan untuk cemilan, ketimbang jus buah yang biasanya juga diberi banyak gula.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Mengonsumsi sayur dan buah akan membantu si kecil tumbuh dengan optimal. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan menambah daya tahan tubuh anak, dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis. Untuk cemilan, pilih yang tidak terlalu manis. Puding, agar-agar, atau sate buah bisa jadi alternatifnya.

4. Jangan biasakan si kecil di depan layar
Ayah Bunda harus tegas memberikan batasan waktu pada anak-anak untuk berada di depan layar, baik menonton televisi maupun menggunakan gadget. Gaya hidup sedentari (kurang aktif bergerak) ini dapat berdampak pada kelebihan berat badan. Ayah Bunda bisa menggantikan hal ini dengan mengajak anak banyak bermain di dalam maupun luar rumah.

5. Perhatikan kebersihan diri.
Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menyikat gigi secara teratur, dan menghindarkan anak dari paparan asap rokok juga dapat mencegah anak terpapar kuman dan bakteri.

6. Cukup tidur
Yang terakhir, penting juga bagi Ayah Bunda untuk membiasakan waktu tidur si kecil sesuai dengan kebutuhannya. Selain agar tubuh selalu bugar, tidur cukup juga menghindari anak jadi rewel saat bangun pagi karena masih mengantuk. Kurang tidur bisa membuat anak terganggu sepanjang hari.

 Nah, itu dia beberapa kebiasaan penting agar anak tidak mudah sakit. Coba terapkan mulai sekarang ya, Ayah Bunda

Sumber : Tabloid Nakita

Tips Menarik Lainnya
Produk Pilihan

Paket Balita Berakhlak Mulia (BBM).

Detail
Rekomondasi Blog