Parenting dan Anak Sygma Daya Insani

6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga

6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga

Oleh Sri Pujilestari | Senin, 03 Desember 2018 14:44 WIB | 61852 Views

Bermain dan berkreasi bisa menghadirkan KECERIAAN dan KREATIVITAS anak. Hadiah terbaik bagi anak adalah WAKTU dan KEBERSAMAAN bermain dengan ORANGTUANYA. Bagi anak, bermain bersama orangtua memiliki kesan tersendiri. Anak akan merasa diperhatikan, dihargai, dan diapresiasi kreativitasnya. Sementara bagi orang tua, bermain bersama anak dapat menciptakan bonding atau ikatan batin yang kuat dengan anak. Setidaknya ada dua prinsip utama saat melakukan aktivitas bermain kreatif bersama anak. Pertama adalah keselamatan bagi orangtua dan anak. Kedua dan yang utama adalah proses mengalami, bukan sekadar kesempurnaan yang dicari.

6 Tips Bermain dan Berkreasi di Rumah Bersama Keluarga

 

Bermain merupakan hobi anak, dunia anak, dan aktivitas anak. Bermain dan berkreasi bisa menghadirkan KECERIAAN dan KREATIVITAS anak. Bermain bagi anak juga tidak harus dengan berbagai macam mainan yang canggih atau mahal. Namun hadiah terbaik bagi anak adalah WAKTU dan KEBERSAMAAN bermain dengan ORANGTUANYA. Kita bisa mengajak anak bermain dan berkreasi sendiri permainan apa yang ingin dinikmati.

Bagi anak, bermain bersama orangtua memiliki kesan tersendiri. Anak akan merasa diperhatikan, dihargai, dan diapresiasi kreativitasnya. Sementara bagi orang tua, bermain bersama anak dapat menciptakan bonding atau ikatan batin yang kuat dengan anak. Selain itu, bermain bersama anak-anak adalah kegiatan yang biasa dilakukan Rasulullah ?.

Aktivitas bermain yang baik adalah yang bisa melibatkan orang tua dan anak secara aktif dengan berkreasi bersama-sama. Setidaknya ada dua prinsip utama saat melakukan aktivitas bermain kreatif bersama anak. Pertama adalah keselamatan bagi orangtua dan anak. Kedua dan yang utama adalah proses mengalami, bukan sekadar kesempurnaan yang dicari.

Berikut 6 tips bermain dan berkreasi bersama keluarga:

1. Niat

Bagi orang tua, tanamkan niat yang lurus dan tulus ketika akan melakukan aktivitas bermain dan berkreasi bersama keluarga, terutama anak-anak. Yakinkan bahwa aktivitas ini merupakan bagian dari ibadah yang bisa meningkatkan ikatan emosional kita dengan anak dan menstimulus aspek-aspek lain pada diri anak kita.

2. Komitmen Waktu dan Kehadiran

Berkumpul bersama keluarga bukan sekedar KUALITAS WAKTU, tetapi juga KUANTITAS WAKTU. Aktivitas bermain dan berkreasi terkadang memakan waktu yang cukup panjang. Untuk itu, ketika kita sudah berkomitmen, luangkanlah waktu yang benar-benar cukup untuk menemani dan membimbing anak-anak kita saat bermain dan berkreasi. Pastikan juga kita "hadir" saat itu. Jauhkan sementara hal-hal yang bisa mencuri perhatian kita dari aktivitas yang sedang kita lakukan bersama keluarga.

3. Persiapkan Segalanya

Beberapa aktivitas kreatif memerlukan persiapan yang cukup matang, seperti alat dan bahan. Oleh karena itu, pastikan semua sudah disiapkan dengan baik. Jangan sampai aktivitas terganggu karena harus mencari sesuatu yang belum ada.

4. Keselamatan yang Utama

Pastikan keselamatan diri dan anak-anak dalam setiap aspek bermain. Beberapa alat seperti gunting dan cutter mungkin hanya orangtua yang boleh menggunakan. Selain berhati-hati, sediakan juga perangkat P3K di rumah.

5. Bersama dari Awal hingga Akhir

Fokus dari bermain dan berkreasi bersama adalah proses mengalami, bukan kesempurnaan hasil. Proses ini bermula dari persiapan, pelaksanaan, hingga proses berkemas. Alangkah baiknya jika anak-anak tetap terlibat di setiap prosesnya. Dengan demikian, karakter positif anak seperti kepercayaan diri dan tanggung jawab akan ikut terbangun.

6. Dokumentasikan

Sedapat mungkin setiap proses didokumentasikan sebagai bentuk apresiasi dan bahan evaluasi. Kelak saat anak tumbuh besar, dokumentasi ini bisa menjadi bahan cerita dan refkeksi bahwa dia sudah jauh berkembang dari saat itu.

Nah, Ayah Bunda, selamat menikmati proses bermain dan berkreasi bersama keluarga!

Sumber rujukan: Buku Play Time Familia Kreativa Muhammad Teladanku Rasulullah Teladan Utama

Comments
Parenting dan Anak Lainnya
Produk Pilihan

Multi Set (24NR-RATU).

Detail
Rekomondasi Blog