Seputar Islam Sygma Daya Insani

5 Alasan yang Buat Anda Semangat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

5 Alasan yang Buat Anda Semangat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Oleh administrator | Selasa, 17 Januari 2017 07:18 WIB | 103771 Views

Semenjak digalakkannya shalat subuh berjamaah nasional, shalat subuh menjadi suatu hal yang menyenangkan dan ringan untuk di kerjakan. Untuk mempertahankan suatu kebiasaan tidak mudah butuh perjuangan dan semangat. Untuk membantu dalam perjuangan shalat subuh, kenalan yuk sama kelebihan shalat subuh.

 
  1. Subuh waktu istimewa
Waktu Subuh mengandung banyak keberkahan, sehingga Allah memerintahkan umatnya untuk sholat pada waktu fajar hari. Bahkan, Rasulullah Muhammad Saw bersabda: "Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun (untuk sholat) subuh." Hadits Riwayat Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah.
 
  1. Waktu yang utama
Rasulullah Saw dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari mengatakan, "Barangsiapa yang sholat pada dua waktu yang dingin, maka mereka akan masuk surga." Ini mengindikasikan bahwa subuh adalah waktu yang utama, karena dinginnya air wudlu yang digunakan untuk salat subuh menjadikan bisa masuk surga.

Nabi Muhammad juga bersabda, "Barang siapa yang mengerjakan shalat bardain akan masuk surga." (Fathul Bari). Yang dimaksud bardain adalah subuh dan ashar.
 
  1. Sumber cahaya di hari kiamat
Pada hari kiamat, manusia dibangkitkan dalam kegelapan dan mereka membutuhkan lentera atau cahaya untuk menerangi kegelapan itu. Rasulullah bersabda, jika ada cahaya di kegelapan saat hari kiamat kelak, maka itu sumbernya dari solat subuh.
 
  1. Pintu rezeki dibuka
Allah menyerukan kepada umat manusia untuk menyambut pintu rezeki dengan bangun fajar dan menunaikan salat subuh. Rasul Saw pernah membangunkan puterinya Siti Fatimah dan mengatakan, "Wahai puteriku, bangun dan saksikan rejeki Tuhan dan janganlah jadi orang yang lalu."
 
  1. Manfaat kesehatan mandi subuh
Mandi di pagi hari terutama subuh sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun tidak ada dalil yang menyatakan mandi subuh itu sunah, tetapi manfaatnya luar biasa Dengan mandi pagi dengan air dingin alami, tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak yang menangkal berbagai macam serangan virus. Sirkulasi darah juga lancar.


Proses penyembuhan kepada orang sakit juga bisa dilakukan dengan mandi subuh. Oksigen juga akan mudah masuk ke dalam tubuh saat mengambil air wudlu dan sholat subuh. Banyak sekali manfaat dari mandi subuh untuk kesehatan, kebugaran tubuh.


Sumber: islam cendekia

Produk Pilihan

Paket Wahana Bermain Anak Cerdas (WBA.

Detail
Rekomondasi Blog